Saatnya Berkiprah, Tokoh Tionghoa Bidik 02 Pilkada Melawi

oleh
Foto bersama usai gelar pendaftaran

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Satu tokoh etnis Tionghoa yakni, Taufik, sebagai Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi, Provinsi Kalbar, bertekad mencalonkan diri maju sebagai bakal calon (balon) wakil bupati Pilkada Melawi 2020.

Balon wakil bupati Taufik serahkan berkas formulir pendaftaran kepada tim penjaringan
Diketahui, partisipasi komunitas Tionghoa sekarang ini memang makin bersinar di berbagai sektor, tidak lagi hanya diidentikkan dengan aktivitas bisnis. Ini sekaligus menjadi tantangan bagi komunitas Tionghoa khususnya di Kabupaten Melawi untuk semakin berkiprah dan berkontribusi dalam memajukan daerah.

Dalam dunia politik, Taufik saat ini sebagai anggota DPRD Melawi ke dua periode, yang juga merupakan Sekretaris DPD Partai Golkar Melawi. Sedangkan di parlemen saat ini dipercaya menjabat Ketua Fraksi Golkar.

Soal keseriusan Taufik maju sebagai balon wakil bupati di Pilkada Melawi 2020 telah dibuktikan, lantaran telah mendaftarkan diri ke partai yang membesarkannya, yakni Partai Golkar, Jumat (29/11) sore.

Saat pendaftaran itu, Taufik didampingi puluhan relawan, simpatisan dan keluarga serta barongsai. Kedatangan rombongan Taufik, diterima Tim Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Melawi 2020 Golkar Melawi.

Taufik dan Tet Tui saat menyampaikan sambutan
Taufik pun menepis isu yang berkembang di masyarakat saat ini, bahwa dirinya maju sebagai balon wakil bupati hanya sekedar untuk menghangatkan tensi politik Pilkada. “Akan tetapi pada kesempatan ini saya buktikan menjadi salah satu peserta Pilkada maju sebagai balon wakil bupati Melawi dengan serius melalui Golkar,” tegas Taufik.

Dikatakan, sebagai kader Golkar harus selalu siap. Sebab, kalau DPP Golkar sudah memanggil dan merekomendasikan dirinya maju sebagai calon wakil bupati nanti, maka ia akan menerima amanah itu dengan senang hati. “Soal koalisi partai yang akan mengusung nama calon bupati nanti, yang memutuskan juga DPP. Namun, saya sudah siap mendapingi siapapun calon bupati yang di usung, apabila direkomendasikan DPP,” kata Taufik.

Ia mengatakan, dirinya siap menjalani semua aturan proses tahapan seleksi penjaringan antara lain melalui survei, ekektabilitas dan ketentuan lainnya yang mendukung. Kemudian namanya bisa termasuk salah satu pilihan rekomendasi DPD Golkar Provinsi Kalbar untuk diserahkan ke DPP.

Satu diantaran rombongan Taufik saat pendaftaran itu yakni, Tet Tui menyebut, bahwa balon wakil bupati Taufik bila mendapat rekomendasi nanti untuk ditetapkan menjadi calon wakil bupati dari DPP Golkar, maka Taufik di nilai akan mampu mengemban amanah itu untuk menuju kemenangan bersama calon bupati melalui koalisi partai.

Menurut Tet Tui, Taufik yang memiliki integritas tinggi dan dekat dengan rakyat tanpa melihat suku dan agama ini memiliki segudang pengalaman mengurus rakyat, utamanya melalui lembaga DPRD, ormas MABT, yayasan pendidikan dan bidang-bidang lainnya.

Puluhan relawan, simpatisan dan keluarga serta barongsai mendampingi balon wakil bupati Taufik mendaftar ke Sekretariat Golkar Melawi
Berdasarkan kriteria itu, Ia berharap, agar DPP Golkar menjatuhkan pilihan rekomendasi kepada Taufik untuk mewakili Golkar Melawi maju sebagai calon wakil bupati pada Pilkada Melawi 2020 mendatang.

Ketua Tim Penjaringan, Abang Sabrinsyah, menyampaikan terima kasih kepada balon wakil bupati Taufik sebagai politisi senior Golkar yang berharap dukungan partainya sendiri sebagai kendaraan politiknya menghadapi Pilkada Melawi nanti.

Sabrinsyah mengatakan, selanjutnya berkas formulir pendaftaran akan diproses sama dengan kandidat lain sesuai dengan tahapan melalui ketentuan dan aturan tim penjaringan. Kemudian berkas pendaftaran akan diserahkan ke DPD Provinsi Kalbar, seterusnya ke DPP.

Ia menegaskan, bahwa yang akan memutuskan kemana Golkar berkoalisi dan nama yang akan di usung di Pilkada Melawi 2020, baik Balon Bupati dan Wakil Bupati adalah DPP.