Pemkab Melawi Gelar Upacara Hari Pahlawan

oleh
Bupati Melawi, Panji, bertindak sebagai Pembina Upcara pada Peringatan Hari Pahlawan ke-74 dihalaman rumah jabatan Bupati Melawi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi memperingati Hari Pahlawan ke-74 tahun 2019.

Bupati Melawi, Panji, bertindak sebagai Pembina Upacara yang dilaksanakan dihalaman rumah jabatan Bupati Melawi, Senin (11/11) pagi.

Prosesi ziarah di makam pahlawan Raden Temenggung Setia Pahlawan

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 tingkat Kabupaten Melawi melibatkan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), TNI POLRI dan Organisasi kemasyarakatan serta elemen masyarakat lainnya.

Bupati Melawi, Panji, saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara mengatakan, setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. “Peristiwa lerang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” ungkapnya.

Batubara berharap dengan peringatan Hari Pahlawan ini semua akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa yang Besar.”

Peringatan Hari Pahlawan juga untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019, ”Aku Pahlawan Masa Kini,”.
“Hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan,” tukas menteri.

“Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri. Sekali lagi, jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri,” kata Batubara.

Usai melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan nasional Raden Temenggung Setia Pahlawan di Desa Tekelak, Dusun Liang, Kecamatan Pinoh Utara.