Sambut Hari Anak Universal, Siswa SDN 2 Keberak Belajar di Luar Kelas

oleh
Prosesi sehari belajar di SDN 2 Keberak, Belimbing Hulu

MELAWINEWS.COM, BELIMBING HULU – Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children’s Day, yang diperingati setiap tanggal 20 September, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Keberak, Desa Tiong Keranjik, Kecamatan Belimbing Hulu, Melawi, melaksanakan kegiatan.

Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan seluruh unsur di sekolah mulai dari peserta didik, dan dewan guru. Kegiatan dilaksanakan sehari belajar dihalaman sekolah setempat bertajuk mengembangkan bakat dan kemampuan anak melalui Sekolah Ramah Anak (SRA).

Kepala SDN 2 Keberak, Mundayat menerangkan adapun jadwal kegiatan sehari belajar di luar kelas yang akan dilakukan serentak yakni, menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam, sapa), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua.

Kemudian, lanjut Mudayat, berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan siswa, memeriksa lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan keran air yang terbuka, serta membaca buku di luar kelas.

“Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi evakuasi bencana (kebakaran) dalam lagu dan gerak senam Germas permainan tradisional, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak dan penutupan dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar,” papar Mudayat, Kamis (7/11).

Mundayat pun memandang positif kegiatan ini. Sebagai tindak lanjut, dokumentasi kegiatan sehari belajar di luar kelas ini akan diupload pada aplikasi Pentas Anak yang sudah didownload di Google Playstore.