Jelang Pilkada 2020, Golkar Melawi Resmi Buka Pendaftaran Balon

oleh
Tim penjaringan balon bupati dan wakil kepala daerah Pilkada Melawi 2020 DPD Partai Golkar Melawi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – DPD Partai Golkar Melawi resmi membuka pendaftaran penjaringan bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah di Pilkada Melawi tahun 2020 mendatang.

Hal itu tertuang pada rapat internal DPD Partai Golkar Melawi tentang pengesahan Tim Penjaringan Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada Pilkada Melawi 2020 DPD Partai Golkar Melawi di Sekretariat DPD Partai Golkar Melawi di Jalan Provinsi Nanga Pinoh – Kota Baru, Kota Nanga Pinoh, Kamis (7/11) siang.

“Pendaftaran resmi dibuka mulai tanggal 18-28 November 2019. Sedangkan penyerahan berkas Balon akan diserahkan ke DPD Partai Golkar Provinsi Kalbar tanggal 12 Desember 2019,” kata Ketua Tim Penjaringan Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pilkada Melawi 2020 DPD Partai Golkar Melawi, Abang Sabrinsyah, SE, usai gelar rapat internal itu kepada media ini.

Sabrinsyah mengungkapkan, pendaftaran itu merupakan salah satu bentuk keseriusan dan keterbukaan DPD Partai Golkar Melawi yang memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Melawi untuk ikut bertarung maju di Pilkada Melawi 2020.

“Siapa saja yang ingin maju pada Pilkada Melawi 2020 mendatang, silahkan mendaftar ke DPD Partai Golkar Melawi dengan membawa berkas-berkas yang dipersyaratkan partai. Kami buka sepenuhnya untuk semua kalangan dan pendaftaran ini terbuka untuk umum. Semua calon tentunya akan melewati proses seleksi kelayakan nantinya,” ujarnya.

Dia menegaskan, siapa saja boleh mendaftar, baik itu dari kalangan politisi, pengusaha, akademisi, aktivis dan tokoh masyarakat dengan mengikuti aturan yang ada.

Dia menjelaskan, bahwa proses pendaftaran ini sejumlah tahapan yang harus dilalui para Balon, diantaranya mulai dari administrasi, pemberkasan dan lainnya, selanjutnya akan dilakukan survei yang akan dilakukan oleh tim penjaringan.

“Keputusan akhir tetap hasil survei dan diputuskan oleh DPP Partai Golkar. Hal itu untuk mengetahui kriteria, popularitas, elektabilitas dan aspektabilitas Balon yang akan diusung. Tentunya kader dan non kader memiliki kesempatan yang sama,” ucap dia.

Ia menyebut, Partai Golkar merupakan salah satu partai besar yang cukup mendapatkan hati di masyarakat. Tentunya partisipasi Partai Golkar nantinya di Pilkada sangat penting, artinya bagi demokrasi yang ada di Melawi.

Ditambahkan, saat ini Golkar di DPRD Melawi memiliki empat kursi. Atas hal itu Golkar Melawi butuh koalisi untuk mengusung balon mencukupi 6 kursi sebagai syarat mengusung.