Waspada Penipuan yang Menjanjikan Lulus PPG Meminta Sejumlah Uang

oleh
Ilustrasi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Kepada guru diimbau untuk waspada terhadap penipuan yang menjanjikan dapat meluluskan Program Pendidikan Profesi Gutu (PPG), Sertifikasi atau mendapatkan berbagai jenis tunjangan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Melawi, H. Joko Wahyono mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun, belakangan sejumlah peserta uji PPG mengaku ditelepon oleh orang tak dikenal yang mengatasnamakan atau mencatut nama dirinya.

Joko mengungkapkan, modus penipuan dengan menelepon untuk menginformasikan, jika peserta dinyatakan bisa dibantu lulus PPG mesti membayar sejumlah uang dengan syarat mentransfer ke rekening tertentu.

Ia menegaskan, bahwa itu semua adalah tidak benar dan modus penipuan. Bila hal itu terjadi kata Joko, dipastikan diluar tanggungjawab pribadi maupun institusi.

“Pengurusan itu semua sesuai dengan Peraturan Mendikbud dan ketentuan yang berlaku serta gratis,” tegas Joko, Selasa (5/11).

Lebih lanjut dikatakan, semua informasi terkait PPG diumumkan secara resmi oleh LPTK (lembaga pendidikan tenaga kependidikan), baik melalui surat maupun laman website resmi.

Joko mengungkapkan, pada bulan lalu sudah ada satu guru tertipu dan telah menyetor uang ke rekening milik penipu. Ia pun meminta bila ada informasi seperti ini sebaiknya dikonfirmasi dahulu dengan dinas pendidikan.

“Guru-guru jangan percaya bila ada telepon seperti itu. Saya juga meminta agar bidang PAUD, Dikdas dan GTK bisa segera bertindak,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, Joko mengimbau agar peserta PPG berhati-hati, waspada dan tidak mempercayai apapun iming-iming yang menjanjikan berbagai kemudahan kelulusan PPG tersebut.