Perencanaan Pembangunan Mesti Sesuai Kebutuhan

oleh
Ketua Fraksi PDIP DPRD Melawi, Kluisen

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan di Pemkab Melawi sudah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Kemudian Pemkab Melawi akan singkronisasi dan menyelaraskan program dan kegiatan hasil Musrenbang tingkat desa dan kecamatan.

Hasil Musrenbang itu akan dituangkan dalam rancangan penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) di APBD Melawi Tahun Anggaran (TA) 2020.

Berkaitan dengan hal itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Melawi, Kluisen, meminta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih teliti dalam perencanaan program kerja di tahun 2020 berdasarkan hasil Musrenbang.

Dia meminta, agar OPD mengkaji lebih cerdas setiap usulan perencanaan program pembangunan dari desa hingga kecamatan. “Mesti disesuaikan dengan kebutuhan,” kata Kluisen, Selasa (5/11).

Selain itu, Kluisen juga meminta, agar dalam perencanaan pembangunan di yakini ada manfaat mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan yang akurat dan tepat sasaran.

“Harus ada manfaat. Jangan hanya asal ada pembangunan, namun tak ada manfaat yang dirasakan masyarakat,” tegas Dia.

Misalnya kata Kluisen, seperti pengusulan pembangunan jembatan, namun yang muncul drainase.

Dia juga berpesan, agar perencanaan pembangunan harus sesuai sasaran Pemkab Melawi. Sehingga apa yang menjadi target dalam visi misi daerah dapat tercapai.

Ditegaskan, harus ada sinkronisasi, tidak hanya asal-asalan soal perencanaan pembangunan.