Mentri Desa PDTT Puji Gubernur Kalbar

oleh
Mentri desa saat diwawancara oleh awak media usai membuka rakor pid

MELAWINEWS. COM, PONTIANAK-Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Halim Iskandar memuji kinerja Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji. Bahkan sambil bercanda Mentri berkata Gubernur lah yang cocok jadi mentri desa.

“Tapikan belum satu periode jadi gubernur. Baru sebentar sebentar, sayang kalau dilepas” Kata Mentri pada saat pembukaan rakor pid di hotel kini Pontianak Senin (4/11). Saat berbicara seperti itu semua hadirin tertawa.

Secara jujur mentri mengakui hal yang perlu diapresiasi dari kinerja gubernur adalah sinergi antara Pemda dan TNI/Polri dalam mempercepat pembentukan desa mandiri di Kalbar. Hal ini kata Mentri bisa menjadi contoh agar bisa diterapkan di provinsi lain di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi kebijakan Gubernur Kalbar dalam membangun desa mandiri, dengan memadukan semua sektor dan komponen yang ada di dalamnya. Ini menjadi suatu hal yang luar biasa dan saya sebagai menteri baru sepertinya belajar dari Kalbar dalam membangun desa,” kata Halim.

Dia mengungkapkan keterlibatan TNI/POLRI dalam upaya mempercepat desa mandiri tidak akan mengganggu pekerjaan dalam mendampingi desa.

“Bahkan lebih baik. Karena memang presiden kita ini mau mempercepat pembangunan makanya kita perlu keroyokan” Katanya.

Sementara itu gubernur Kalbar H Sutarmidji mengatakan, sebelum dia menjabat desa Mandiri di Kalbar hanya ada 1. Namun sekarang sudah mencapai 87. Kemudian desa maju yang sebelumnya hanya 53 sekarang sudah mencapai 188.

Namun demikian kata Gubernur untuk mencapai desa Mandiri ini memang tidaklah mudah. Untuk desa sangat tertinggal menjadi desa Mandiri setidaknya membutuhkan biaya mencapai 20 sampai 30 miliar.

“Kalau hanya Rp 1.5 miliar maka butuh waktu sangat lama. Jadi kasian dengan kepala desa yang terkadang menjadi sasaran masyarakat karena dituntut macam-macam” Katanya.