Viral Korban Karhutla, Ular Ini Ditemukan Mati Terpanggang

oleh
Petugas karhutla mengangkat ular sawah dengan kondisi mati terpanggang di area karhutla

MELAWINEWS.COM, BELIMBING – Sejumlah ular berbagai jenis ditemukan mati dalam kondisi terpanggang di areal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Melawi, Privinsi Kalimantan Barat.

Beberapa hari yang lalu, saat tejadi karhutla di area Desa Batu Nanta, Kecamatan Belimbing, foto ular terpanggang di unggah melalui jejaring sosial Facebook ‘Sian Rasian’ menjadi viral.

Melalui penampakan foto tersebut, seorang petugas karhutla terlihat mengangkat ular berukuran besar menggunakan kayu dengan keadaan terpanggang. Ular itu diduga mati lantaran tidak bisa menyelamatkan diri dari kobaran api karhutla.

Dihubungi melalui selurer, pemilik akun Facebook ‘Sian Rasian’ mengatakan, ular jenis sanca, biasa disebut ular sawah itu memang terpanggang saat peristiwa karhutla baru-baru ini. “Ular sekira panjang 4 meter itu terjebak api dan mati di tempat. Sementara, lahan habis terbakar,” kata Rasian,” Minggu (15/9).

Menurut Rasian, yang juga selaku perangkat Desa Batu Nanta, sejak peristiwa karhutla di Kecamatan Belimbing, banyak ditemukan berbagai jenis ular mati sudah dalam kondisi hangus terbakar.

Rasian pun menyesalkan, saat karhutla tersebut, dirinya bersama warga dan petugas karhutla tidak sempat lagi menyelamatkan hewan melata itu akibat kobaran api. Dia berharap semoga melalui postingan foto itu dapat mengetuk hati nurani para pelaku pembakaran lahan.

“Jangan hanya memikirkan kepentingan perusahaan atau diri sendiri. Ular ini hanya sebagian kecil makluk hidup yang mejadi korban karhutla. Masih banyak makluk lainnya yang menjadi korban, termasuk manusia,” tandasnya.