Tantangan Makin Berat, Bambang Harapkan Dewan Baru Sampingkan Kepentingan Pribadi

oleh
Bambang Setiawan

MELAWINEWS.COM,MELAWI – Pasca dilantiknya dewan baru,tokoh muda Melawi, Bambang Setiawan menilai Tugas dewan kedepan semakin berat tantangannya. Apalagi mengingat DPRD Melawi Periode 2019-2024 diisi banyak orang orang muda.

“Secara pengalaman perlu jam terbang yang banyak untuk mengurus masyarakat dengan persoalan masyarakat yang sedemikian kompleks,” ujarnya.

Bambang pun menekankan Sense of crisis, dewan baru ini harus tinggi. Begitu pula dengan rasa empati terhadap persoalan masyarakat. Dengan kondisi ekonomi yang dirasa saat ini semakin memburuk, para legislator Melawi dituntut mampu memberikan solusi melalui kebijakan-kebijakan kedewanan.

“Tantangan kedua, anggota DPRD harus menyikapi pembahasan APBD dengan serius. Harus dikesampingkan persoalan yang menyangkut kepentingan pribadi, kelompok dan partai. Harus mengedepankan nkepentingan yang masyarakat,” katanya.

Persoalan keterlambatan pembahasan APBD, kata Dia, jangan kembali berlarut larut seperti dulu. Karena keterlambatan APBD berdampak pada masyarakat juga .
“Tujuan APBD kan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kalau berlarut larut tentu berdampak juga pada masyarakat,” katanya.

Tantangan ketiga lanjut Bambang, diperiode sebelumnya komunikasi legislatif dan eksekutif tidak berjalan dengan baik. Padahal Pemda terdiri dari Kepala Daerah dan DPRD.

“Kita berharap dengan dewan baru dengan orang muda dan semangat baru bisa mengubah komunikasi yang mandek antara legislatif dan eksekutif. Harapannya kedepan, dengan terpilih dan dilantiknya DPRD yang baru bisa membawa angin segar perubahan bagi masyarakat Melawi,” katanya.

Bambang pun berharap DPRD Melawi periode 2019-2024 mampu menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi masyarakat Melawi secara umum,bukan hanya bagi segelintir kelompok saja.

“Jadikan jabatan sebagai ibadah dan amanah yang harus kita pertanggungjawabkan pada Allah, Tuhan yang Maha Esa,” pungkasnya.