Minim Kursi, Empat Parpol di DPRD Melawi Bakal Bergabung Satu Fraksi

oleh
Anggota DPRD Melawi periode 2019 - 2024 resmi dilantik

MELAWINEWS.COM – NANGA PINOH – 30 anggota DPRD Melawi terpilih Pemilu 2019 sudah resmi menjadi anggota DPRD Melawi masa jabatan tahun 2019 – 2024.

Kabar terkini, Selasa (10/9) sejumlah partai gabungan di DPRD Melawi berencana membentuk satu fraksi, sebab tidak bisa otomatis menjadi fraksi utuh, lantaran masing-masing partai tidak cukup kursi di legislatif.

Partai gabungan berencana satu fraksi itu adalah PKS, Hanura, Perindo dan Demokrat. Keempat parpol ini memiliki lima wakil rakyat di legislatif masing-masing dua dari Perindo, satu PKS, satu Hanura dan satu Demokrat.

Menurut legislator PKS, Widya Rima, sejauh ini keempat parpol sudah berkomunikasi. Bahkan sesuai komunikasi pihak masing-masing parpol, ketua fraksi akan diserahkan ke Partai Perindo, karena memiliki dua orang anggota dewan.

“Terkait keputusan pembentukan fraksi gabungan nanti, sedang dikaji bersama. Kami sudah melakukan komunikasi politik dengan parpol lain yang tidak mencukupi satu fraksi. Kami jalin komunikasi,” ujar Widya Rima, Selasa (10/9) di gedung DPRD Melawi.

“Sejauh ini jalinan komunikasi lebih intens terus dilakukan diantara parpol. Benar, Insha Allah kalau tak ada halangan, kami nanti akan satu fraksi, yang diberi nama Fraksi Persatuan Demokrasi Rakyat Sejahtera,” ujar Widya Rima.

Ia menuturkan, bahwa pembentukan satu fraksi gabungan tersebut dengan alasan supaya aspirasi partai politik lebih berkolaborasi menuju Melawi lebih baik.

Selain itu, menurutnya, lewat fraksi gabungan ini juga mereka dapat bersama – sama dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Dengan fraksi gabungan berharap bersama-sama akan memajukan daerah ini dengan menyerap aspirasi masyarakat lebih banyak,” kata Widya.

Dengan adanya satu fraksi gabungan ini, maka komposisi di DPRD Melawi bisa menjadi tujuh fraksi. Di antaranya adalah fraksi utuh dari Fraksi NasDem 6 anggota, Fraksi PAN 4 anggota, Fraksi Golkar 4 anggota, Fraksi Gerindra 4 anggota, Fraksi PDIP 4 anggota, dan satu fraksi gabungan 5 anggota serta dua parpol lain yang memiliki kursi kemungkinan membentuk satu fraksi, yakni PPP (2 kursi) dan PKB (1 kursi).