Ibu Hamil Ditandu, Lantaran Jalan Tak Bisa Dilalui Roda Empat

oleh
Perjuangan ibu hamil dari Desa Kempangai untuk mendapatkan pertolongan medis menuju Puskesmas di Ella Hilir

MELAWINEWS.COM – Seorang ibu hamil di Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, terpaksa ditandu menuju akses sungai, lantaran akses jalan darat di desa setempat tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Peristiwa yang menimpa ibu hamil bernama Marius Areolla asal Dusun Akam, Desa Kempangai, yang terjadi baru-baru ini harus berjuang dengan nyawanya untuk mendapatkan perawatan di Puskesmas yang berada di Ibu Kota Kecamatan Ella Hilir.

Warga Desa Kempangai, Jahari mengatakan, ibu hamil terpaksa ditandu menuju sungai, kemudian dibawa dengan menggunakan perahu dengan resiko yang begitu berat, sebab sepanjang sungai dipenui bebatuan besar dan riam, terlebih kondisi debit air sungai saat ini menurun akibat dilanda kemarau.

“Kalau musim hujan, batu-batu besar tidak nampak dan gelombang riam tidak juga besar. Kondisi seperti ini menyulitkan warga mendapatkan pertolongan medis, lantaran jalan darat tak bisa dilalui kendaraan roda empat,” kata Jahari, Minggu (8/9) di Nanga Pinoh.

Dengan perjuangan sesama warga dan pertolongan Tuhan, lanjut Jahari, persalinan si ibu di Puskesmas terselamatkan dan bayi lahir dengan kondisi sehat.

Jahari mengeluhkan hingga kini jalan menuju Desa Kempangai tidak tersentuh pembangunan, membuat jalan tak bisa dilewati kendaraan roda empat. 

“Kami tidak meminta apa-apa ke Pemkab Melawi. Kami hanya meminta jalan disana bisa seperti daerah lain dapat dilalui kendaraan roda empat,” pungkasnya.