Sorga Desa Melona Masuk Menu Nasional

oleh
Rakor tim inovasi kabupaten Melawi di hotel Rajawali

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Kabupaten Melawi patut berbangga, pasalnya Sarana Olahraga (Sorga) desa Melana kecamatan Sokan kabupaten Melawi masuk sebagai menu bursa Inovasi tingkat Nasional.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Kabupaten P3MD Kabupaten Melawi Hamdan saat Rapat Koirdinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten (TIK) di hotel Rajawali pada Kamis (22/8).

“Kalau tahun lalu yang masuk menu nasional adalah ambulan di Kubu Raya, alhamdulillah tahun ini dari Kabupaten Melawi yang masuk dalam menu nasional. Yakni sorga desa di Melana kecamatan Sokan” kata Hamdan.

Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten.

Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Pada tahun 2018 lalu desa Melana kecamatan Sokan menyuguhkan informasi dalam bentuk vidio, famplet serta foto-foto engenai sarana alahraga terpadu yang ada di wilayah tersebut. Sarana olahraga itu dibangun menggunakan dana desa.

“Mudah-mudahan tahun ini adalagi dari kabupaten Melawi yang menunya masuk dalam bursa nasional.” Kata Hamdam.