Panji Launching Website Kecamatan Nanga Pinoh

oleh
Bupati Melawi melaunching website kecamatan Nanga Pinoh yang membuat berbagai informasi tentang Nanga Pinoh dan desa-desa di sekitarnya

MELAWINEWS.COM, Melawi – Kantor Camat Nanga Pinoh meluncurkan website sistem informasi Kecamatan Nanga Pinoh, Jumat (23/8). Website ini berisi berbagai informasi terkait profil kecamatan, desa, hingga publikasi terkait kegiatan kecamatan dan desa di Nanga Pinoh serta berbagai regulasi terbaru.

Camat Nanga Pinoh, Sonten mengatakan website sistem informasi ini menjadi terobosan jajarannya untuk memberikan informasi pada masyarakat luas terkait berbagai program dan kegiatan yang dibuat oleh kecamatan, termasuk 17 desa yang masuk dalam Kecamatan Nanga Pinoh.

“Jadi dalam website ini terdapat program-program yang dibuat desa, termasuk program-program yang ada di kabupaten dan kecamatan yang ingin disampaikan pada desa-desa,” katanya.

Dengan adanya website tersebut, Sonten menilai penyampaian informasi pada masyarakat akan jauh lebih mudah. Karena masyarakat tinggal mengakses website kecamatan Nanga Pinoh melalui internet.

“Untuk lebih lanjut, nantinya website ini juga bisa diakses melalui media sosial seperti facebook bahkan youtube. Kami juga akan mengupdate kegiatan yang ada di desa, sehingga apa yang dikerjakan desa bisa kita monitor. Harapannya tentu kegiatan di 17 desa ini bisa dipantau oleh kecamatan nantinya bisa dievaluasi dan diawasi, utamanya terkait dengan pengelolaan dana desa,” ujarnya.

Website Sistem Informasi Kecamatan ini sendiri merupakan implementasi dari inovasi yang dibuat Sekretaris Camat Nanga Pinoh, Halma Trisno yang sedang mengikut Diklat PIM III. Halma yang ditemui di Kantor Camat menerangkan latar belakang dijadikannya pembuatan website kecamatan sebagai inovasi adalah tidak lepas dari tugas pokok dan fungsi sekretaris kecamatan salah satunya sebagai kepala sekretariat dalam kaitannya menyediakan penyajian data, informasi, dokumentasi serta pelaksanaan fungsi kehumasan kecamatan.

“Pada website kecamatan ini informasi yg disajikan antara lain meliputi, profil kecamatan secara umum, profil desa, publikasi dokumentasi kegiatan pemerintah kecamatan dan desa, agenda/jadwal kegiatan pemerintah kecamatan, peraturan- peraturan, dokumen renja, renstra, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji menyambut baik peluncuran website sistem informasi kecamatan yang dibuat oleh Kecamatan Nanga Pinoh. Apalagi program ini merupakan yang pertama kalinya dibuat oleh jajaran kecamatan.

“Mereka sudah berhasil melaunching website kecamatan. Dan ini akan menjadi pintu untuk mengenal kecamatan Nanga Pinoh. Dalam berbagai kinerja, program, pelayanan pada masyarakat bisa diketahui dari website ini,” katanya.

Panji juga menilai keberadaan website ini menjadi bentuk transparansi kecamatan. Sehingga program apa yang akan dilakukan dapat diikuti melalui website, termasuk berita. Dengan sarana komunikasi yang sudah berbasis it dan online, ia juga berpesan agar semua pihak dapat bertanggung jawab dalam menyajikan data yang ada di dalamnya.

“Masyarakat bisa mengakses dengan baik website tersebut, termasuk juga dari pemerintah daerah bisa mendapat informasi dengan cepat dan akurat. Sehingga hubungan komunikasi antara desa dan kecamatan akan semakin baik kedepannya,” ucapnya.