Polisi Ambil Tindakan Tegas Pelaku Karhutla

oleh
Peninjauan karhutla di Bukit Matok, Desa Batu Buil, Belimbing

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Polres Melawi dan jajarannya telah usai melaksanakan Operasi Bina Karuna Kapuas 2019 ke – 1, kemudian Operasi Bina Karuna Kapuas 2019 ke – 2 telah dimulai, ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, di halaman Mapolres Melawi, Kamis (15/8/).

Kapolres Melawi, AKBP. Ahmad Fadlin, dalam amanatnya menyampaikan Operasi Bina Karuna 2 mengutamakan penanggulangan dan penegakan hukum kepada pelaku Karhutla.

Kapolres menjelaskan, apabila terpenuhi unsur pidananya, maka penindakan pelaku pembakaran lahan dengan sengaja akan sampai ke Kejaksaan dan Pengadilan. “Baik kepada perorangan maupun kepada perusahaan perlakuannya sama,” tegasnya.

Dia mengimbau, adanya kesadaran semua pihak pengguna lahan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Selain itu kepada masyarakat Kabupaten Melawi agar jangan membakar jika membersihkan lahan perkebunan. Karena disamping melanggar hukum juga bisa berdampak luas.

Kapolres juga mengatakan, dengan berbagai sosialisasi yang disampaikan ke masyarakat, bisa merubah pola pikir dalam bercocok tanam atau berkebun dengan tidak membakar lahan, karena jika terbukti membakar, akan ada penindakan hukum tegas.

Sumber : Polres Melawi (Oktavianus)
Editor : MelawiNews.Com