Persiapan Upacara Detik-detik Proklamasi Capai 90 Persen

oleh
Sekda memantau gladi bersih upacara HUT RI di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemkab Melawi terus mempersiapkan pelaksanaan puncak peringatan HUT Republik Indonesia ke 74. Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan bakal kembali menjadi tempat pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi.

Gladi bersih Upacara Detik-Detik Proklamasi pun digelar di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan pada Kamis (15/8). Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono memantau langsung persiapan upacara tersebut.

“Gladi hari ini dilakukan karena sudah mendekati hari H Upacara HUT RI. Persiapan sejauh ini sudah sampai 90 persen,” katanya.

Ivo mengatakan, gladi ini juga menjadi bahan evaluasi bagi panitia dimana yang masih perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Namun, dari pemantauannya, persiapan teknis upacara sudah berjalan baik.

“Peserta upacara yang dipilih secara khusus akan berada di lapangan. Sementara untuk tamu undangan serta seluruh pejabat pemerintah maupun Forkopimda hingga pelajar akan ditempatkan di tribun stadion,” jelasnya.

Sementara itu, Seksi Upacara, Paulus mengatakan dari gladi bersih yang digelar, pelaksanaan upacara sudah bagus. Tinggal bagaimana nantinya saat 17 Agustus esok, seluruh peserta dan pasukan pengibar bisa fokus dan konsentrasi dengan baik.

“Paskibra sudah berlatih sejak penghujung Juli. Saat ini pasukan 45 yang terdiri dari jajaran TNI dan Polri juga sudah ikut berlatih sejak 10 Agustus lalu,” terangnya.

Paulus mengungkapkan, untuk peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, ASN, TKD serta perwakilan ormas dan pelajar SMA. Mereka akan masuk ke lapangan sesaat sebelum Upacara Detik-Detik Proklamasi akan dimulai.

“Sedangkan untuk pasukan pengibaran, akan membentuk formasi lingkaran. Dan untuk penurunan mennggunakan formasi MLW,” jelasnya.