Tidak Mau Ketinggalan, Kwarran Tanah Pinoh Peringati Hari Pramuka ke-58

oleh
Atraksi Marching Band SMAN 1 Tanah Pinoh Meriahkan upacara peringatan Hari Pramuka ke-8

MELAWINEWS.COM, TANAH PINOH – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Tanah Pinoh, Melawi, menggelar upacara bendera memperingati Hari Pramuka Ke-58 tahun 2019 yang dipusatkan dilapangan sepak bola area Kantor Camat Tanah Pinoh, Rabu (14/8).

Foto bersama

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dilakoni oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Melawi, Abang Tajudin, dan peserta upacara di ikuti ratusan anak sekolah mulai dari SD hingga SMA Sederajat dilingkup Pemerintah Kecamatan Tanah Pinoh.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan acara hiburan antara lain menampilkan Marching Band SMAN 1 Tanah Pinoh dan tarian kolaborasi etnis Thionhoa, Melawi dan Dayak dipersembahkan DKR Kwarran Tanah Pinoh dan Penggalang mewakili dari sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Tanah Pinoh serta penyerahan piagam penghargaan kepada petugas upacara bendera.

Tarian kolaborasi

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Melawi, Abang Tajudin, yang membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (purn) Drs. Budi Waseso menyampaikan, para anggota gugus depan Pramuka diingatkan untuk memerangi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), narkoba dan radikalisme serta semakin mencintai produk lokal.

Foto bersama

Selain itu anggota Pramuka diharapkan juga untuk berperan aktif menjaga lingkungan. Dengan demikian, Saya berharap semua memiliki perhatian penuh terhadap kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi permasalahan khusnya hal- hal yang mengancam keutuhan NKRI, hal ini menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan segala upaya untuk menyeret Gerakan Pramuka kedalam wilayah Politik praktis.

Marching Band SMAN 1 Tanah Pinoh

Dalam kesempatan tersebut, Camat Tanah Pinoh, Endang Yeferson menyampaikan, bahwa dengan adanya para siswa-siswi yang aktif dalam mengikuti kegiatan kepramukaan dapat membentuk jiwa disiplin, kerapian dan belajar berorganisasi sebagai bekal dalam menyongsong cita-cita yang akan diraih.

“Pramuka bukan sekadar wadah kegiatan non formal, namun lebih dari itu, Pramuka telah menjadi wadah pembentukan karakter anak sejak dini sebagai generasi penerus Bangsa,” kata Camat Endang Yeferson, ditemui usai gelar upacara tersebut.

Selain itu, lanjut Endang, Pramuka harus bjsa menjadi contoh generasi yang mampu merawat keharmonisan untuk mewujudkan persatuan NKRI.

“Semoga adik-adik Pramuka dapat terus mengembangkan diri dengan menyumbangkan karya-karya terbaik untuk Bangsa Indonesia,” harap Camat.