Tanamkan Jiwa Disiplin, SMAN 1 Nanga Pinoh Gelar Kemah dan PTA

oleh
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Melawi, Abang Tajudin, secara simbolis menyematkan tanda peserta kemah dan PTA

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Gerakan Pramuka SMAN 1 Nanga Pinoh, Melawi, menggelar perkemahan, sekaligus Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun Ajaran 2019/2020 dilapangan Sepak Bola Dusun Guhung, Desa Labang, Kecamatan Belimbing.

Kegiatan perkemahan dan PTA yang berlangsung selama tiga hari (14-16/8) tersebut dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Melawi, Abang Tajudin, Rabu (14/8) sore.

Kepala SMAN 1 Nanga Pinoh, Sumardiyana, yang hadir di acara pembukaan itu menyebutkan, bahwa kegiatan perkemahan dan PTA ini rutin setiap tahun dilaksanakan pihaknya.

Kepala SMAN 1 Nanga Pinoh, Sumardiyana, hadiri pembukaan

Kegiatan ini menurut Sumardiyana, bertujuan sebagai upaya pengenalan Gerakan Pramuka kepada siswa baru khususnya dilingkungan SMAN 1 Nanga Pinoh.

Dalam kegiatan ini, lanjut Sumardiyana, dilaksanakan kegiatan antara lain apel pagi dan sore, pentas seni, penjelajahan, api unggun, outbond, penanaman nilai-nilai karakter dan sejumlah kegiatan materi kepramukaan lainnya.

“Total peserta dalam perkemahan dan PTA ini berjumlah 382 orang yang terdiri dari siswa siswi baru ditambah panitia,” jelasnya.

Peserta kemah dan PTA sedang mengikuti kegiatan materi kepramukaan

Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Melawi, Abang Tajudin, dalam amanatnya menyampaikan tujuan dari perkemahan dan PTA antara lain guna memperkenalkan tentang gerakan kepanduan bagi calon anggota, melatih mental siswa di luar lingkungan sekolah, menumbuhkan karakter kebangsaan bagi siswa dan menerima calon anggota.

Dijelaskan Tajudin, PTA adalah proses pertama seorang anggota baru untuk menjadi seorang Pramuka di Ambalan SMAN 1 Nanga Pinoh. “Setelah dilakukannya PTA, barulah seorang anggota baru dapat disebut Pramuka SMAN 1 Nanga Pinoh,” ujarnya.

Tajudin berharap, dengan dilaksanakan kegiatan ini, para peserta didik dapat menanamkan jiwa yang disiplin dan berkarakter sebagai generasi penerus daerah maupun Bansa.