Pemkab Sintang Akan Gelar Expo

oleh
Rapat persiapan pelaksanaan expo Sintang

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Pemerintah Kabupaten Sintang akan kembali melaksanakan Sintang Expo pada 24 Agustus hingga 2 September 2019.

Rapat yang dipimpin oleh Henri Harahap, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang tersebut membahas banyak hal seperti parkir, stand, kebersihan, keamanan, lalu lintas, acara, dan panggung hiburan.

Henri menyampaikan bahwa Sintang Expo ini tidak ada anggaran dari APBD Pemkab Sintang sehingga semua pihak harus ikut membantu dan membiayai pelaksanaan Sintang Expo.

“Maka Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang harus ikut semua dan membayar biaya kontribusi. Seluruh biaya kontribusi yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai semua kegiatan selama pameran seperti keamanan kebersihan, sewa panggung utama, listrik dan yang lainnya,” terang Henri Harahap.

Sudiyanto, Wakil Ketua Panitia Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2019 yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sintang meminta semua seksi bekerja menyiapkan gawai besar ini.

Susana Raguniati dari Seksi Panggung dan Hiburan menyampaikan ada enam jenis lomba yang di ikut sertakan, yakni lomba stand up comedy perorangan, lomba lagu dangdut, lomba baca puisi perjuangan, lomba lagu-lagu perjuangan, lomba akuistik dan lomba fashion show busana adat nusantara.

Marwan dari Dinas Perhubungan mengingatkan agar pajak parkir harus ada. “pengelola parkir harus lapor ke Bappenda. Saya juga berharap supaya parkir rapi dan teratur. Karcis parkir sudah disahkan oleh Bappenda. Sehingga Pemda ada pemasukan dari parkir ini” saran Marwan.
Budi Santoso dari Polres Sintang menyarankan agar lubang di kawasan Simpang Lima agar segera dirapikan dan ditutup untuk mengurangi bahaya dan kerawan kemacetan saat malam puncak. “Kami harap ada penimbunan jalan berlobang di simpang lima menuju Mapolres Sintang” harap Budi Santoso.

Juwita dari Seksi Penilaian Stand menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tim juri yang berpengalaman dalam menilai stand peserta Sintang Expo 2019. “juri ada empat orang. Semua berpengalaman. Kami memastikan bahwa penilaian terhadap stand peserta akan professional” terang Juwita.

Jatmiko dari Seksi Pembangunan Stand menjelaskan 146 stand yang kami disiapkan, sudah mendaftar 143 UMKM, jadi sisa 3 stand saja hingga hari ini.