Kebakaran Lahan Terus Meluas, Melawi Diselimuti Asap

oleh
Kebakaran lahan di Bukit Matok, Belimbing, Melawi, hingga kini masih berupaya dipadamkan

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah di Kabupaten Melawi terus meluas sehingga berdampak pada pemukiman dan timbulnya kabut asap yang mengancam kesehatan.

“Informasi yang kita peroleh hingga hari ini di wilayah Kabupaten Melawi setidaknya ada belasan titik panas yang terpantau, seperti di Kecamatan Belimbing, Belimbing Hulu dan Kecamatan Ella Hilir,” kata Anggota DPRD Melawi, Abang Ahmaddin, Senin (12/08) di ruang kerjanya.

Dia meminta agar menjadi perhatian bersama, sehingga kebakaran hutan mapun lahan tidak semakin meluas hingga ke pemukiman masyarakat.

Ahmaddin menerangkan, seperti yang terjadi kebakaran lahan sejak siang kemarin (11/08) di wilayah Bukit Matok, Kecamatan Belimbing, hingga saat ini belum juga bisa dipadampakan yang bisa mengancam kebakaran semakin meluas ke pemukiman warga sekitar.

Oleh karena itu, Ahmaddin mengajak masyarakat di Kabupaten Melawi turut aktif melakukan pencegahan dan penanggulangan pembakaran hutan maupun lahan pribadi.

“Jangan membakar lahan, karena akan sulit dilakukan pemadaman. Selain itu ketersediaan air sangat minim dan sulit dijangkau,” ujar Ketua Harian DPD Partai Golkar Melawi itu.

Dia mengimbau, agar Karhutla tidak semakin meluas, seluruh camat dan perangkat desa aktif melakukan sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat, agar menahan diri membersihkan lahan dengan cara dibakar.