24 Tahun Berdiri Kokoh, Tiang PLN Tak Dialiri Listrik

oleh
Tiang listrik terpasang, namun belum teraliri listrik

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Meski sejumlah tiang listrik PLN sudah berdiri kokoh sejak tahun 1995 di ruas Jalan Ella, Melawi, sebagian warga yang bermukim di seputar ruas jalan itu hingga kini belum menikmati kemerdekaan penerangan listrik.

Pemandangan lain menjadi perhatian, yakni sejumlah tiang listrik yang tidak lagi berdiri tegak, namun telah miring dan nyaris tumbang. Tiang tersebut pun seakan hanya sekedar pajangan perkampungan, yang tidak memiliki kegunaan menyuplai sumber listrik.

Ishaq Haq, satu warga Desa Nusa Pandau, Kecamatan Nanga Pinoh mengatakan, pemasangan tiang listrik sudah dilakukan antara tahun 1995 atau 1996 lalu khususnya mulai dari arah Desa Kebebu sampai Simpang Desa Nusa Pandau. Namun hingga 24 tahun berselang menuju negeri ini merdeka ke-74 tahun, jaringan listrik belum juga masuk ke wilayah Desa Nusa Pandau dan sekitarnya.

“Dalam hatiku selalu bertanya-tanya, kenapa sejumlah tiang listrik yang sudah berdiri kokoh hingga saat ini belum dipasang kabel oleh PLN? Kami sangat menginginkan tiang listrik tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya untuk penerangan dan kebutuhan lainnya. Karena tiangnya sudah dipasang,” kata Ishaq Haq, Senin (12/8) di Nanga Pinoh.

Dia berharap, agar tiang listrik yang sudah terpasang, tak hanya sebagai pajangan, namun juga teraliri arus listrik, karena warga sangat membutuhkan. “Kami menunggu ada pelayanan listrik PLN,” ucapnya.

Selama ini, kata Ishaq, masyarakat desa hanya mengandalkan penerangan menggunakan mesin genset bagi mereka yang mampu. Mereka yang tidak mampu terpaksa mengandalkan lampu teplok.

“Sudah 24 tahun tiang listrik berdiri di area desa kami, namun aliran listriknya tidak kunjung sampai ke rumah warga. Semaga ada perhatian PLN untuk mengaliri listrik ke Desa Nusa Pandau,” tandasnya.