Lahan Terbakar, Bukit Matok Merah Membara

oleh
Kebakaran lahan di kawasan Bukit Matok

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda Bukit Matok yang berada di wilayah Desa Pemutar, Kecamatan Belimbing. Api hingga Minggu (11/8) malam masih terus menyala dan justru semakin membesar.

Kebakaran lahan di atas bukit yang kerap menjadi tempat mendaki oleh masyarakat Melawi ini diketahui terjadi mulai Minggu siang. Asap tebal terlihat mengepul dari sisi belakang bukit. Cuaca panas dan kering serta banyaknya semak belukar membuat api sulit dipadamkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, Syafaruddin dihubungi Minggu Malam mengungkapkan hingga kini api masih menyala di perbukitan Matok.

“Sampai malam ini kami terus monitor dibawah bukit. Kami memantau sejak jam 2 siang,” terangnya.

Petugas Damkar dan satgas karhutla pun tak bisa berbuat banyak menghadapi kebakaran lahan di atas bukit Matok ini. Petugas disiagakan di sekitar bukit , mengantisipasi api menjalar hingga ke pemukiman.

Kabag Ops Polres Melawi, AKP Dedy F Siregar menerangkan anggota sudah diturunkan ke area sekitar bukit untuk sebatas pemantauan lokasi dan upaya evakuasi warga sekitar.

“Anggota saya larang untuk menuju lokasi kebakaran karena sangat beresiko dan diatas juga tidak ada sumber air,” paparnya.

Polres kata Dedy sudah berkoordinasi dengan BPBD provinsi untuk mengirimkan helikopter agar bisa melakukan pemadaman melalui udara.

“Upaya pemadaman harus dilakukan dengan water bombing. Kita upayakan supaya ada heli yang distanby kan di Bandara Tebelian,” katanya.

Kini,lanjut Dedy, pihaknya berharap udara malam ini tidak kencang dan lokasi yang terbakar segera lembab sehingga kebakaran tak semakin meluas.