KPU Melawi Tetapkan 30 Caleg Terpilih, Berikut Nama dan Partainya

oleh
Rapat Pleno Terbuka KPU Melawi Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Melawi Pemilu 2019 di Gedung Emaus Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – KPU Melawi telah menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Melawi periode 2019 – 2024 hasil Pileg 2019.

Penetapan ini diputuskan pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Melawi Pemilu 2019 di Gedung Emaus Nanga Pinoh, Melawi, Sabtu (10/8).

Rapat Pleno KPU Melawi tersebut dikawal ketat aparat gabungan dari Polres Melawi, TNI, Satpol PP dan Dishub Melawi sebanyak 60 personel.

Penetapan dihadiri dari berbagai partai dan perwakilan saksi partai serta unsur terkait lainnya berjalan aman dan lancar.

Ada 30 caleg yang ditetapkan dari berbagai partai. Penetapan ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU Melawi, serta perwakilan saksi partai politik.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo mengatakan, sebanyak 30 caleg terpilih ditetapkan melalui rapat pleno berita acara KPU Melawi. Dia menjelaskan, dalam proses rapat pleno ini tidak ada keberatan dari pihak manapun.

Untuk penetapan kursi partai rinciannya, Partai NasDem 6, PDIP 4, Golkar 4, PAN 4, Partai Gerindra 4, Partai Perindo 2, PPP 2, Partai Demokrat, PKB, PKS dan Partai Hanura masing – masing 1 kursi.

Dedi menyampaikan, setelah penetapan ini masih ada proses berikutnya yakni pengajuan pengusulan pelantikan ke gubernur melalui bupati paling lambat 10 hari sebelum pelantikan sesuai dengan hasil rapat bersama antara KPU dan Pemkab Melawi.

Dedi menjelaskan, pihaknya sudah berkoordianasi dengan Pemkab Melawi, bahwa pelantikan akan dilakukan pada tanggal 8 September 2019 seiring berakhirnya masa tugas dewan lama.

“Namun karena tanggal 8 September 2019 bertepatan hari Minggu, maka pelantikan di undur menjadi tanggal 9 September 2019. Selanjutnya acara pelantikan menjadi kewenangan Sekretariat DPRD Melawi,” kata Dedi.

Menurut Dedi, syarat pelantikan anggota dewan baru semuanya sudah memenuhi syarat, termasuk syarat penyerahan yang wajib diserahkan ke KPU Melawi, terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Caleg terpilih.

Berikut nama – nama dan partai Anggota DPRD Melawi terpilih periode 2019 – 2024.