Rawan Tumbang, DLH dan Satlantas Tebang Pohon Berusia Tua

oleh
Sinergitas DLH Melawi dan Satlantas Polres Melawi antisipasi pohon tumbang mendadak dengan melakukan penebangan

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Satlantas Polres Melawi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Melawi bersinergi dalam mengantisipasi musibah pohon yang dianggap berusia tua mendadak tumbang.

Kedua instansi ini melakukan penebangan pohon rawan tumbang di kawasan tepi Jalan Juang Kota Nanga Pinoh, tepatnya di depan SDN 6, Kamis (8/8).

Untuk keselamatan pengendara, terlihat Satlantas melakukan pengamanan jalur rekayasa lalu lintas dan membantu DLH menebang dan memangkas pohon – pohon di pinggir jalan yang terlalu rimbun.

Pohon-pohon tersebut juga rentan membuat listrik padam. Sebab, dahan yang bersentuhan dengan kabel listrik akan menimbulkan korsleting.

Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana mengatakan, pohon yang sudah berusia tua yang ditebang dan dipangkas berpotensi rawan tumbang mendadak yang bisa menimbulkan kecelakaan pengguna jalan, pemukiman warga dan anak sekolah. Selain itu untuk mempercantik kota.

Aang menyebut, jika pohon-pohon tersebut tidak segera dirapikan, dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas pengguna jalan dan masyarakat sekitar, seperti mendadak pohon tumbang yang bisa menimpa pengguna jalan, dan pemukiman masyarakat serta anak sekolah saat bermain di area pohon itu.

Sementara itu, Kepala DLH Melawi, Junaidi D menuturkan, penebangan pohon ini hanya sebagai langkah antisipasi semata.

Menurut Junaidi, DLH akan terus melakukan pengecekan terhadap pohon-pohon berpotensi bisa membahayakan yang berada di tepi jalan, khususnya di jalan poros Kota Nanga Pinoh.

“Dari DLH sudah menjadwalkan pemangkasan pohon yang dinilai membahayakan. Jangan sampai pohon tersebut tumbang mendadak dan menimpa pengguna jalan atau pemukiman masyarakat,” tuntas Junaidi.