Kemarau Meluas, Masyarakat Diimbau Tidak Melakukan Aktivitas Pembakaran

oleh
Ilustrasi Karhutla

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Anggota DPRD Melawi, H. Heri Iskandar mengingatkan masyarakat supaya waspada terhadap kebakaran. Pasalnya, akhir – akhir ini sudah mulai musim kemarau.

“Kita mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Selain itu masyarakat juga tidak sembarangan membakar sampah areal pemukiman,” kata Heri Iskandar, Kamis (8/8).

Dikatakan, memasuki musim kemarau saat ini, sudah ada lokasi lahan masyarakat yang terbakar, seperti terjadi di Kecamatan Nanga Pinoh, Pinoh Selatan dan Ella Hilir. Kondisi itu tentu menimbulkan kerugian.

Untuk itu, legislator PKB ini mengimbau semua pihak bersama-sama melakukan antisipasi bencana kebakaran.

Dalam kurun dua pekan terakhir, wilayah Kabupaten Melawi memang jarang diguyur hujan. Bahkan saat ini sejumlah sungai besar mulai surut.

Intinya tegas Heri, masyarakat harus bijak dengan kondisi musim kemarau ini tidak melakukan aktivitas pembakaran sembarangan, sehingga terhindar dari bencana kebakaran.

Dia menegaskan, jangan sembarang membuang puntung rokok atau melakukan pembakaran sampah tanpa pengawasan.

“Awasi juga anak-anak kita semua jangan sampai dia main api, sehingga hal itu dapat memicu terjadinya kebakaran yang dapat merugikan kita sendiri dan lingkungan sekitarnya,” pesannya.