Antisipasi Asap Karhutla, Satlantas Bagikan Masker ke Pelajar dan Pengendara

oleh
Kasat Lantas Polres Melawi memasang masker pada pelajar SD

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Meningkatnya jumlah titik api atau hotspot di Kalbar mulai berdampak pada munculnya kabut asap. Hal ini membuat Satlantas Polres Melawi membagikan masker pada sejumlah pengguna jalan hingga anak-anak Sekolah Dasar agar tak terdampak bahaya asap.

Pembagian masker di gelar di Jalan Juang Nanga Pinoh, Kamis (8/8). Pada momen ini, Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana bersama anggota ikut menyampaikan himbauan larangan membakar hutan dan lahan melalui Maklumat Kapolda Kalbar dan himbauan Kapolres Melawi kepada para penguna jalan.

“Tujuan pembagian masket ini untuk mengantisipasi dampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Asap akibat kebakaran hutan dan lahan sangat berdampak tidak baik pada kesehatan, termasuk para pengguna jalan,” katanya.

Aang menerangkan, jajarannya menyiapkan 500 unit masker yang dikhususkan kepada anak-anak dan para penguna jalan. Dijelaskannya, anak-anak lebih rentan terkena dampak dari bahaya asap, karenanya diharapkan mereka bisa lebih sering menggunakan masker.

“ Semoga ini bermanfaat mengingat cuaca saat ini sangat panas dan berdebu sehingga dapat mengurangi sakit pernapasan,” katanya.

Ditambahkan, Aang, disela pembagian masker, polisi lalu lintas juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas terkait tertib berlalu lintas dan larangan membakar hutan dan lahan kepada penguna jalan.

“Untuk pengendara motor dan mobil diharapkan menyalakan lampu utama baik malam maupun siang hari untuk mengantisipasi jarak pandang yang terbatas akibat cuaca dan kabut asap dan selalu berhati hati dalam berkendara,” pesannya.