Dukung Melawi percepatan KLA, KOMPAWI Gelar Diskusi Publik

oleh
Foto bersama usai gelar pembukaan

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Koalisi Masyarakat Peduli Anak Melawi (KOMPAWI) terus berupaya mempercepat Kabupaten Melawi untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Berkaitan dengan itu, KOMPAWI kembali menggelar Diskusi Publik tentang penyampaian rekomendasi ke Pemkab Melawi, Senin (5/8) di salah satu hotel di Kota Nanga Pinoh, Melawi.

Diskusi Publik tersebut dibuka Sekretaris Bappeda Melawi, Silvani Umran, dihadiri Camat Ella Hilir Syarifudin, perwakilan instansi terkait, jajaran pengurus dan anggota KOMPAWI, serta berbagai elemen masyarakat lingkup Pemkab Melawi.

Ketua KOMPAWI, Elisabeth Eta Rusni, dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka mendukung percepatan Melawi menuju KLA, pihaknya telah menyusun rekomendasi yang akan di diskusikan sebelum diserahkan ke Pemkab Melawi maupun DPRD Melawi.

Menurut Eta, rekomendasi yang akan diserahkan nantinya adalah melalui proses peningkatan kapasitas anggota, tahapan suara dan aksi warga, konsultasi publik dan study dokumen perencanaan dan penganggaran Pemkab Melawi melalui instansi terkait

Dia berharap, rekomendasi yang akan disampaikan setelah mendapat saran dan masukan dari peserta diskusi dapat menjadi suatu media advokasi kepada pemerintah, sehingga percepatan menuju KLA bisa dilakukan dengan dukungan masyarakat, pemerintah dan dunia usaha.

Sementara itu Sekretaris Bappeda Melawi, Silvani Umran, dalam arahannya menuturkan, bahwa salah satu tujuan KOMPAWI adalah menjadi mitra Pemkab Melawi dalam pemenuhan hak anak.

Selain itu lanjut Silvani, KOMPAWI juga memberikan masukan terkait kebijakan dan prioritas penganggaran secara khusus untuk kesehatan dasar dalam mendukung program KLA di Melawi.

Silvani berharap, pelaksanaan diskusi publik ini, para peserta memahami dan menghasilkan kesimpulan guna mendorong terciptanya kesejahteraan anak secara optimal di Melawi.

Dia menambahkan, hasil diskusi publik yang akan tertuang dalam satu dokumen rekomendasi KOMPAWI ke Pemkab Melawi dapat di akomodir melalui instansi terkait.