Pengawasan DD, Fungsi BPD Jangan Jalan Ditempat

oleh
Ilustrasi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Menurut Anggota DPRD Melawi, Pose, fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mesti ikut berperan mengawasi pemanfaatan semua dana yang masuk ke Pemerintahan Desa.

“Nah apakah fungsi BPD selama ini di desa sudah dijalankan, atau hanya jalan ditempat?,” kata Pose, Minggu (4/8). 

Selain fungsi BPD mengawasi pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), masyarakat juga harus begitu. “Harus tau, ADD dan DD itu dapat bantuan berapa dan dimanfaatkan bidang apa saja, dan harus aktif mengawasi untuk apa manfaat dari DD itu,” tuturnya.

Selain itu, sambung Dia, masyarakat dan BPD juga harus aktif meminta Kades untuk melaporkan pertanggungjawaban DD ini setiap akhir tahun, sehingga masyarakat secara umum mengetahui pengalokasian anggaran. 

“Setelah itu di audit masyarakat sendiri dulu. Apakah sesuai dengan laporan pertanggungjawaban Kades atau tidak?. Kalau tidak sesuai atau ada pelanggaran, silahkan laporkan ke aparat penegak hukum,” ucap politisi Partai Gerindra itu.

Kalau ini dijalankan, tambahnya, maka pemanfaatan DD akan tepat sasaran dan masyarakat akan lebih sejahtera dari semua sektor penggunaan DD itu.