Tekan Penyalahgunaan, PD Ingatkan Masyarakat Awasi Alokasi DD

oleh
Pendamping Desa Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Ali Anshori

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Distribusi Dana Desa (DD) yang dimulai sejak tahun 2016 telah memberikan dampak positif bagi pembangunan desa. 

Namun, pengalokasian DD dengan jumlah yang mencapai miliaran bagi setiap desa membuka potensi penyalahgunaan.

Untuk meminimalisir penyalahgunaan DD dan mendorong pengelolaan tepat sasaran, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Ali Anshori menyampaikan, dengan adanya alokasi DD saat ini, desa menjadi subjek motor pengerak pembangunan.

Ali menyebut, ada beberapa point penting bagi Kepala Desa menyangkut pengelolaan  DD yakni DD sebagai salah satu faktor penunjang pengurang angka kemiskinan, sehingga penggunaan DD harus sesuai dengan aturan.  

Dibagian lain kata Ali, DD bukan milik pribadi, sehingga penggunaanya harus melibatkan seluruh perangkat desa dan masyarakat, mengelola harus berdasarkan pada aturan, prioritas pembangunan harus memperhatikan tipologi desa.

Terkait itu, Ali mengingatkan agar seluruh masyarakat dapat memperhatikan dan melakukan pengawasan terhadap pengelolaan DD, sehingga tidak menyimpang dan berjalan sesuai dengan aturan.