DPRD Melawi Kritisi Ketimpangan Pembangunan

oleh
Salah satu jalan poros desa. Jalan menuju Desa Ulak Muid, Kecamatan Tanah Pinoh Barat, masih berupa jalan tanah

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Anggota DPRD Melawi dari Fraksi Gerindra, Pose mengatakan, agar setiap program pembangunan dapat dirasakan oleh setiap masyarakat di Kabupaten Melawi.

Menurut Pose, realisasi program kebijakan pemerataan pembangunan oleh pemerintah setempat yang hingga saat ini belum terlaksana sepenuhnya. Baik soal infrastruktur jalan, jembatan maupun berbagai bidang pembangunan lainnya. 

“Setiap masyarakat di wilayah 11 kecamatan yang ada di Melawi harus sama-sama merasakannya. Jangan sampai ada kesan pilih kasih. Karena semuanya mempunyai hak yang sama untuk menikmati anggaran setiap tahun,” kata Pose, Senin (29/7).

Harusnya, lanjut Pose, hal ini sudah maksimal terlaksana dan tidak ada lagi ketimpangan yang sangat jelas terlihat saat ini, antara setiap kecamatan yang ada, seperti, masih banyak jalan poros desa di kecamatan berupa jalan tanah berlumpur tidak ada peningkatan perbaikan, termasuk jembatan banyak mengalami kerusakan parah.

Masih menurutnya, kegiatan pembangunan baik yang berupa DAK, Provinsi hingga ke pembangunan yang dijalankan dengan APBD Melawi mesti disalurkan merata keseluruh kecamatan, sehingga pembangunan bisa berjalan proporsional.

“Anggaran-anggaran kalau bisa diangsur dan dibagi untuk seluruh kecamatan, maka seperti jalan-jalan dan sarana yang ada seperti jembatan tidak banyak mengalami kerusakan yang semakin parah. Ini salah satu contoh saja,” papar Dia.

Ia bahkan menilai pemerintah setempat belum menjalankan program pembangunan berdasarkan skala prioritas pembangunan daerah, sebagai kebutuhan dasar masyarakat.

Dikatakan, DPRD terus mendorong, agar pemerintah setempat memberikan prioritas pembangunan khususnya infrastruktur jembatan dan jalan poros di pedesaan yang mempunyai wewenang untuk membangun, sehingga pemerataan pembangunan bisa dinikmati oleh seluruh warga di daerah ini.

Namun begitu, Ia berharap pada tahun-tahun berikutnya, kue pembangunan yang ada dapat diterapkan oleh pemerintah dengan merealisasikan kebutuhan utama masyarakat, agar pembangunan juga berjalan merata dinikmati masyarakat.