20 Peserta Ikuti Pelatihan Kerajinan Tangan dan Souvenir

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno foto bersama dengan peserta pelatihan

MELAWIMEWS.COM, SINTANG – Bupati Sintang, Jarot Winarno, meninjau sekaligus memberikan arahan kepada para peserta yang mengikuti pelatihan kerajinan tangan dan souvenir diselenggarakan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan Bina Harapan Permata yang dilaksanakan di Kantor LPK-Bina Harapan Permata, Jalan Antasari, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Senin, (29/07/2019).

Dalam arahannya dihadapan para peserta pelatihan, Jarot Winarno mengatakan terkait kegiatan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Sintang. “Jadi saya minta ubahlah mindset kita yang dulunya ekonomi yang extraktif yang mengeksploitasi sumber daya alam, kini berpindahlah ke ekonomi kreatif, jadi haruslah kita kembangkan ekraf ini,” pesan Jarot.

Lanjut Jarot, bahwa di Kabupaten Sintang masih banyak kayu-kayu, untuk itu diharapkan para peserta bisa memanfaatkan kayu-kayu untuk dijadikan bahan kerajinan, “dulu terkenal sekali radio yang berbahan dari kayu, sekarang mereka terancam berhenti, karena kekurangan bahan kayu, tapi di Sintang ini kebanyakan kayu tapi belum mampu untuk membuatnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan Bina Harapan Permata, Heni Agustianingsih menjelaskan tujuan pelatihan ingin membantu Pemerintah dalam hal mempercepat, memperkenalkan produk kerajinan tangan dari wadah-wadah kami yang memiliki tangan-tangan terampil kreatif, tetapi tidak memiliki bekal keterampilan yang kuat dan kewirausahaan yang mapan, jadi inilah tujuannya.

Heni menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu. “Kami selenggarakan selama 16 hari, terhitung dari hari ini, dengan total 150 jam, dimulai dari jam 9 pagi hingga sore, dengan total peserta sebanyak 20 orang, 10 orang laki-laki, 10 orang perempuan,” paparnya.