Peduli Kesehatan Warga, Widya Hastuty Hadirkan Yayasan Doctor Share di Menukung

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Melawi, dr Ahmad Jawahir bersama istri saat meninjau salah satu pasien sedang operasi minor

MELAWINEWS.COM, MENUKUNG – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, dr. Ahmad Jawahir didampingi istrinya Widya Hastuty meninjau langsung prosesi pengobatan gratis yang dilaksanakan para relawan kesehatan Yayasan Doctor Share (Flying Doctor) dari Ibukota Jakarta yang dipusatkan di Puskesmas Rawat Inap area eks lapangan MTQ Desa Menukung, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, Rabu (24/7) sore.

Pantauan MelawiNews.Com, pelaksanaan kegiatan pengobatan gratis melalui operasi minor dan pengobatan umum itu, ratusan warga dari 19 desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Menukung sangat antusias mengikuti.

Awalnya, aksi kepedulian terhadap kesehatan masyarakat ini merupakan ide dan gagasan dari Widya Hastuty. Widya, asal Menukung itu adalah Caleg terpilih DPRD Kabupaten Melawi periode 2019-2024 dari Partai NasDem asal Dapil Melawi 2 mencakup Kecamatan Ella Hilir dan Menukung.

Widya, peraih suara terbanyak di Dapil Melawi 2 dan peraih suara terbanyak di internal Partai NasDem Melawi hasil Pileg 2019 tersebut menceritakan, awal tahun 2019 dirinya meminta ke Margaretha Siregar, selaku Manajer Wahana Visi Indonesia (WVI) Operasional Melawi-Sintang untuk membuat program desa ODF (Open Defecation Free) beberapa desa di Kecamatan Menukung sebagai penanda perubahan perilaku dan komitmen warga desa untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasaan buang air besar (BAB) sembarangan.

Namun, lanjut Widya, pihak WVI tidak bisa nemenuhi permintaan terkait desa ODF itu, dikarenakan wilayah desa di Kecamatan Menukung belum ada yang menjadi binaan WVI.

“Walaupun WVI tidak bisa menyanggupi permintaan ini, namun Margartha Siregar memberikan solusi pilihan kepada saya akan diganti dengan kegiatan pengobatan gratis berkoordinasi dengan pihak Yayasan Doctor Share,” kisah Widya, saat mendapingi suaminya, Kepala Dinas Kesehatan Melawi, dr Ahmad Jawahir, peninjauan pengobatan gratis itu.

Seiring berjalannya waktu, tutur Widya, dirinya dengan Margaretha Siregar melakukan komunikasi dengan pihak Yayasan Doctor Share dalam rangka kegiatan pengobatan gratis di Menukung, selanjutnya pihak Yayasan Doctos Share pun menyetujui bhakti sosial peduli kesehatan masyarakat itu.

Kemudian, sambungnya, dirinya bersama Margaretha Siregar berkoordinasi dengan Pemkab Melawi melalui Dinas Kesehatan meminta dukungan dan bantuan fasilitas pelayanan pengobatan gratis melalui Puskesmas Rawat Inap.

“Alhamdulillah, proses pengobatan gratis berjalan sukses dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Terimakasih ke Pemkab Melawi, Dinas Kesehatan, dan WVI serta pihak-pihak pendukung lainnya. Terlebih ke pihak Yayasan Doctor Share yang sudah jauh-jauh datang dari Jakarta melayani kesehatan pengobatan gratis warga Kecamatan Menukung khususnya,” tutur salah satu kandidat calon Ketua DPRD Melawi dari internal Partai NasDem Melawi itu.

Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, dr Ahmad Jawahir, di kegiatan peninjauan pengobatan gratis itu menuturkan, bahwa kegiatan seperti ini selain bertujuan untuk mendukung program gerakan masyarakat hidup sehat, sekaligus mewujudkan masyarakat di daerah ini yang sehat.

“Semoga pengobatan gratis ini bermanfaat bagi masyarakat dan terimakasih ke Yayasan Doctor Share yang telah peduli pelayanan kesehatan secara gratis di Kabupaten Melawi, khususnya bagi masyarakat kurang mampu di Kecamatan Menukung,” ujarnya.

Devrila M. Indra, selaku Koordinator Devisi Dokter Terbang, di Yayasan Doctor Share mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan gratis melalui operasi minor dan pengobatan umum ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi dalam rangka membantu masyarakat, terutama warga yang kurang mampu. Indra memaparkan, pihaknya melayani pengobatan gratis akan berlangsung selama empat hari (23-26/7).

Menurut Indra, guna mendukung kegiatan tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak empat tenaga dokter umum, satu dokter spesialis, perawat dan tenaga pendukung lainnya. Termasuk fasilitas alat-alat medis dan obat-obatan.

“Tercatat, hari pertama kegiatan (23/7) ada 120 orang yang kita layani, terdiri dari 10 orang pelayanan operasi minor dan selebihnya pengobatan umum,” kata Indra, ditemui disela-sela gelar pengobatan gratis itu, Rabu (24/7) sore.

Sedangkan hari kedua kegiatan (24/7) lanjut Indra, pihaknya malayani pasien operasi minor sebanyak 16 orang dan puluhan pengobatan umum dari warga yang sudah mendaftar sekitar 500 orang.

Da menyebut, pelayanan kesehatan gratis kepada warga ini merupakan yang kedua kali dilakukan oleh pihak Yayasan Doctor Share di Provinsi Kalbar. Pada tahun 2016, kegiatan serupa berlangsung di Kabupaten Sintang.

Gerry, dokter umum di Puskesmas Rawat Inap Menukung menjelaskan, pengobatan gratis yang dilakukan pihak Yayasan Doctor Share berpusat di Puskesmas Rawat Inap Menukung ini, pihaknya hanya sebagai penyedia fasilitas tempat pendukung kegiatan.

Gerry menuturkan, masyarakat yang dilayani merupakan pasien melalui operasi ringan, seperti operasi tumor jinak, daging tumbuh dan operasi lain yang sifatnya operasi ringan (kecil).

“Sedangkan pengobatan umum antara lain meliputi, batuk, pilek, demam, konsultasi dokter, tensi, pemberian obat secara gratis dan cek lab sederhana, meliputi gula darah, kolesterol dan asam urat serta pemeriksaan kesehatan lajnnya,” jelas Gerry.

Gerry mengajak warga dapat lebih peduli akan kesehatan dan segera periksakan diri ke Puskesmas atau tampat layanan kesehatan lainnya terdekat jika mengalami gangguan kesehatan.

Satu ibu rumah tangga diantara warga yang mengikuti pengobatan gratis adalah Dayu dari Desa Nusa Poring yang mengidap penyakit Kista Ganglion mengaku sangat terbantu, karena bisa mendapatkan pengobatan secara gratis. “Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin,” harapnya.