Kluisen Hentikan Pidato Saat Azan Berkumandang

oleh
Wakil Ketua DPRD Melawi, Kluisen, pimpin sidang paripurna hentikan pidato saat mendengar azan Ashar

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Wakil Ketua DPRD Melawi, Kluisen, memimping sidang paripurna tentang Penyampaian Umum Fraksi-fraksi DPRD Melawi tentang empat Raperda Pemkab Melawi 2019, Senin (22/07/2019) siang, di ruang sidang paripurna Gedung DPRD Melawi.

Saat memimpin sidang itu, Kluisen langsung menghentikan pidato pengantarnya untuk sementara waktu, lantaran mendengar suara azan berkumandang dari pengeras suara memasuki waktu salat Ashar di wilayah itu.

Pantauan MelawiNews.Com, Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif Usfayadi, bersama sejumlah anggota dewan dan sejumlah tamu undangan yang menghadiri sidang paripurna langsung bergegas meninggalkan ruang sidang untuk sementara waktu menunaikan salat Ashar di surau komplek Gedung DPRD Melawi itu.

Usai azan Ashar dikumandangkan yang berlangsung sekira tiga menit itu, Kluisen pun kembali melanjutkan pidato pengantarnya.

“Kita menghormati suara adzan yang berkumandang, lalu kita diam. Maka saya hentikan pidato, dan mempersilahkan saudara-saudara kita yang beragama Islam untuk melaksanakan salat,” ujar Ketua DPC PDIP Melawi itu, ditemui usai gelar sidang paripurna itu.

Kluisen menuturkan, betapa besarnya Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama maupun golongan. “Diantara perbedaan agama yang kita anut ini harus saling menghargai dan menghormati ibadah dalam bingkai NKRI,” tegas Dia.

Dikonfirmasi terpisah, salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Melawi yang menghadiri sidang paripurna itu, H. M. Jubir Saidy, menanggapi positif hal yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Melawi menghentikan pidatonya saat mendengar suara azan.

“Hal itu sebagai bentuk toleransi dan saling menghargai dalam rangka menjalankan ibadah umat beragama. Saya salut. Semoga terus dilanjutkan,” singkatnya.