Sungai di Melawi Terancam Kering Akibat Kemarau

oleh
Sungai Melawi Kawasan jembatan Melawi 1 debit air mencapai titik terendah akibat kemarau

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sejumlah sungai di Kabupaten Melawi, saat ini mulai mengalami kekeringan akibat kemarau. Salah satunya Sungai Melawi yang debit airnya kini mencapai titik terendah.

Hal itu terpantau di kawasan Jembatan Melawi 1, Kota Nanga Pinoh, dengan ketinggian debit air di dasar sungai sudah mulai menampakkan pasir. Fenomena ini pun dimanfaatkan anak-anak warga sekitar untuk bermain.

Selain itu, jika kemarau ini berlangsung lama, maka dikhawatirkan Sungai Melawi dan sejumlah sungai lainnya di Kabupaten Melawi akan kering dan membahayakan penyelamatan ekosistem di sungai dan menyulitkan transportasi sungai.

Ardeni, Anggota DPRD Kabupaten Melawi, satu warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh, mengatakan surutnya debit air Sungai Melawi akibat belum turunnya hujan sejak beberapa hari belakangan. “Karena di perhuluan juga tidak ada hujan, maka di hilir sungai akan semakin mengering,” ungkap legislator Partai Gerindra itu, Sabtu (20/7).

Ardeni pun mengharapkan agar secepatnya hujan segera datang. Karena tidak ada hujan kondisi Sungai Melawi akan semakin kering dan kondisi cuaca panas yang menyengat ini bikin gerah serta debu beterbangan dimana-mana berdampak kesehatan.