Lengser, Mantan Kades Masih Kuasai Motor Inventaris

oleh
Ilustrasi

MELAWINEWS.COM, NANGA PIMOH – Diketahui, sejumlah mantan Kepala Desa (Kades) di lingkup Pemkab Melawi, saat ini belum mengembalikan kendaraan dinas jenis sepeda motor yang dipakai.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Melawi, Junaidi mengakui hingga saat ini belum ada laporan dari masyarakat atau Pemerintah Desa ke pihaknya soal mantan Kades belum mengembalikan pengadaan aset desa maupun aset Pemkab Melawi melalui pengadaan DPMD seperti kendaraan dinas jenis sepeda motor yang masih dikuasai.

Namun begitu, kata Junaidi, Dia mengingatkan agar mantan Kades segera mengembalikan aset desa maupun kendaraan dinas jenis sepeda motor yang masih dikuasai ke Pemerintah Desa setempat atau ke Pemkab Melawi melalui DPMD.

“Kami menghimbau mantan Kades yang belum mengembalikan sejumlah barang inventaris milik desa atau inventaris milik Pemkab Melawi seperti kendaraan dinas roda dua segera dikembalikan,” imbau Junaidi, Kamis (18/7).

Desakan pengembalian segera inventaris tersebut, lanjut Junaidi, lantaran sudah tidak lagi menjabat Kades. Dikatakan, ada sekitar 50 Kades yang sudah habis masa jabatan tahun 2019 ini, dan berharap mantas Kades yang belum mengembalikan aset desa dan kendaraan dinas segera dikembalikan.

Lebih lanjut dikatakan, pengadaan kendaraan dinas jenis sepeda motor tahun 2014 Pemkab Melawi melalui DPMD untuk Kades itu bersifat pinjam pakai dan bukti buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) atas nama Pemkab Melawi tersimpan di DPMD hingga saat ini, bukan menjadi hak milik mantan Kades setelah lengser.

Selain itu kata Junaidi, saat penyerahan kendaraan dinas jenis sepeda motor itu, pihaknya dengan seluruh Kades membuat perjanjian tertulis, agar setelah tidak lagi menjabat sebagai Kades, kendaraan dinas tersebut dikembalikan ke Pemkab Melawi.

“Mengingat pentingnya data inventaris aset Pemkab Melawi ini, kami akan membuat surat edaran ke desa, menghimbau mantan Kades mengembalikan seluruh aset desa maupun aset Pemkab Melawi yang masih dikuasai,” tegasnya.

Junaidi juga memohon kerja sama kepada para camat untuk membuat kebijakan menyurati mantan Kades yang belum mengembalikan aset pemerintah di wilayah tugas masing-masing, agar aset tersebut dikembalikan dan mendata desa terkait mantan Kades yang belum mengembalikan aset, sebagai bahan tindak lanjut selanjutnya.