Nanga Kebebu Bangun Rabat Beton hingga Rumah Dinas Bidan dari Dana Desa

oleh
Rabat Beton yang dibangun Pemdes Nanga Kebebu dari Dana Desa

MELAWI NEWS.COM, Melawi – Sejumlah pembangunan infrastruktur menjadi program utama Desa Nanga Kebebu, Kecamatan Nanga Pinoh. Selain program rutin seperti pembangunan rabat beton, pemerintah desa setempat juga membangun rumah dinas bidan desa.

Kepala Desa Nanga Kebebu, Ahmad Yani mengungkapkan dari total APBDes mencapai lebih dari Rp 1,1 miliar, desanya merancang berbagai kegiatan. Diantaranya kegiatan rabat beton di dua dusun, yakni dusun Kebebu dan Sebaju.

“Rabat beton ada yang sepanjang 120 meter. Ada yang 80 meter. Dibangun di tiga lokasi Di dusun Kebebu dan Sebaju,” katanya.

Sedangkan untuk dusun Lebak Tapang, lanjut Yani dibangun air bersih. Ada pula pembangunan jembatan penghubung hingga bendungan air bersih.

Desa Kebebu, kata Yani juga menganggarkan rumah dinas bidan. Lokasi berada di samping polindes.

“Rumah bidan dianggarkan dengan pola padat karya. Dananya Kurang lebih seratus jutaan. Rumah bidan sebagai pendukung sarana kesehatan. Sebelumnya sudah dibangun polindes pada 2018. Sepaket dengan alkes pada tahun lalu. Dari dana desa,” katanya.

Pembangunan sarana kesehatan ini,kata Yani merupakan kewajiban pemdes mencegah stunting . Sehingga pihaknya memprioritaskan pada kesehatan.

“Memberi akses masyarakat untuk mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Serta berharap petugas kesehatan bisa betah di Kebebu,” ujarnya.