1.081 Peserta Ikuti Jambore Sekami se-Uskupan Sintang

oleh
Penyematan tanda peserta jambore secara simbolis

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sintang, Hendrika, membuka kegiatan Jambore Sekami tahun 2019 dengan tema “Aku di Baptis Untuk Diutus Menjadi Misionaris Zaman Ini” di halaman SD-SMP Panca Setya 2 Sungai Durian, Sintang, Kamis (20/6/19) malam.

Dalam sambutannya Hendrika mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat menyambut baik kegiatan Jambore Sekami, terlebih acara ini merupakan salah satu pembinaan kerohanian kepada para pemuda, sehingga pemuda menjadi pemuda yang religius. Hal itu sangat sejalan dengan salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mewujudkan masyarakat yang religius.

“Dengan program yang sangat bagus dari KKI Keuskupan Sintang ini sangat menunjang program-program pemerintah, seperti kita ketahui program pemerintah di bidang kepemudaan mempunyai 13 kriteria utama.

Untuk itu lanjutnya, Komisis Kepausan Indoneisa (KKI) juga dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah, dengan kelompok-kelompok kategorial, kelompok ormas lainnya sehingga program-program ini dapat menunjang seluruh program pemerintah, baik pemerintah kabupaten maupun pemerintah pusat.

Hendrika menjelaskan, ada 3 kriteria remaja yakni remaja pemula, remaja menengah dan remaja terakhir. Jadi anak-anak yang ikut dalam kegiatan jambore Sekami ini adalah termasuk kedalam kriteria remaja pemula. Oleh karenanya kriteria pada remaja pemua ini masih sangat membutuhkan perhatian dari orang tua.

Sementara itu Ketua Pantia Jambore Sekami. Yohanes Kredo mengatakan, kegiatan jambore Sekami di laksanakan selama 4 hari yakni dari 20-23 Juni 2019, yang diikuti 36 Peroki yang ada di Keuskupan Sintang dan di tambah peserta dari Keuskupan Kepatang dan Keuskupan Agung Pontianak.

“Untuk jumlah peserta jambore Sekami ini yakni putra 432 orang, putri 649 orang, sehingga jumlah peserta sebanyak 1.081 orang.
Sementara pendamping Paroki berjumlah 134 orang, angles dan pendamping rohani 138 orang, serta panitia berjumlah 170 orang, sehingga total keseluruhan peserta dan panitia berjumlah 1.522 orang,” jelas Yohanes.