Indahnya Kebersamaan, MABM dan Ormas Islam Gelar Halal Bihalal Idul Fitri

oleh
Antusias ratusan masyarakat mengikuti halal bihalal

MELAWINEWS.COM, NANHA PINOH – Pasca Idul Fitri 1440 H / 2019 M, Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Melawi, bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam domisili di Kabupaten Melawi menyelenggarakan halal bihalal di Graha Sukiman Center Kota Nanga Pinoh, Sabtu (15/6) malam.

Halal bihalal ini mengangkat tema “Merajut Ukhuwah Islamiyah”. Dengan harapan MABM dan ormas Islam yang ada senantiasa menjaga ukhuwah sesama umat Islam demi terlaksananya penegakan amar makruf nahi mungkar.

Dari pantauan MELAWINEWS.COM di lokasi acara, gelaran halal bihalal berlangsung cukup meriah dan masyarakat tampak begitu antusias mengikutinya, yang mendatangkan penceramah Ustadz Abu Zakaria Aldes asal Kabupaten Melawi yang bedomisili di Jakarta.

Ketua MABM Kabupaten Melawi, H. Zubir Saidy mengawali sambutannya menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin.

Zubir menyampaikan apresiasi kepada Pengurus MABM bekerjasama dengan Ormas Islam di Melawi, bahwa halal bihalal pertama kali digelar bisa terlaksana dengan baik untuk lebih memperkuat lagi tali silaturahmi dan persaudaraan sesama umat muslim.

“Silaturahmi halal bihalal yang digagas ini bukan hanya menjalin persaudaraan yang sudah ada, tapi juga merekatkan apa yang sudah ada dan membangun generasi penerus bangsa,” tutur Zubir.

Dewan Penasehat MABM Melawi, H. Sukiman, dalam sambutannya menyebutkan membangun ukhuwah islamiah tidak akan kekal di dunia dan akhirat, karena hanya memikirkan harta atau adanya kepentingan.

“Ukhuwah yang tidak dibangun di atas Islam dan keimanan yang kuat, maka persaudaraan sesama muslim bisa terputus dan semakin renggang,” kata Anggota DPR RI itu.

Dikatakan Sukiman, hubungan persaudaraan yang ada di antara manusia sangat beraneka ragam menurut macam-macam tujuan dan maksudnya, maka hubungan persaudaraan yang paling kokoh jalinannya, adalah persaudaraan berdasarkan agama karena La Ilaha Illallah.

Persaudaraan yang berlandaskan akidah dan iman sambung Sukiman, serta berdasarkan agama yang murni karena Rabb Yang Maha Esa senantiasa mampu mempersatukan umat Islam dari berbagai penjuru.

Dalam ceramahnya, Ustadz Abu Zakaria Aldes mengingatkan pentingnya hubungan dengan Allah SWT dan juga hubungan dengan umat manusia sendiri, sesuai dengan tema halal bihalal “Merajut Ukhuwah Islamiyah”.

Disampaikan, orang yang bersedekah tak akan kurang sedikit pun hartanya, malah akan bertambah rezekynya. “Sedekah itu akan mendatangkan kebaikan dan tak akan menyebabkan orang bisa miskin, malah sebaliknya akan semakin lancar rezekynya,” kata Ustadz.

Hubungan sesama manusia juga tak kalah penting dan menurutnya harus tetap di jaga.

Turut hadir diacara hakal bi halal itu antara lai, Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya UY, unsur pimpinan DPRD Melawi, Ketua MUI Melawi Joko SM dan sejumlah tokoh dan ratusan masyarakat di Melawi.