Wisuda Purna Didik SMPN 1 Nanga Pinoh Diwarnai Tangis Dan Haru

oleh
Kepala Sekolah SMPN 1 Nanga Pinoh, Theresia Idayani foto bersama dengan wisuda Rombongan Belajar Kelas I

MELAWINEWS.COM, MELAWI-SMPN 1 Nanga Pinoh, Melawi, menggelar wisuda purna didik sekaligus pelepasan dan perpisahan Kelas IX tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 300 orang di pendopo rumah jabatan Bupati Melawi, Rabu (29/5).

Pantauan MelawiNews.Com, rasa bahagia dan haru pun menyelimuti seluruh anak didik yang mengikuti prosesi wisuda. Tak hanya para siswa yang diwisuda, rasa haru dan bahagia juga tampak menghampiri para orang tua, dewan guru dan tamu undangan, bahkan ada sejumlah anak didik yang meneteskan air mata.

“Ngak terasa, sudah tiga tahun sekolah di SMPN 1 Nanga Pinoh. Hari ini harus merasakan perpisahan dengan teman-teman yang biasa kumpul di sekolah, karena melanjutkan sekolah ke SMU,” ungkap Hasva Davi Fairly Sirait, seorang siswa SMPN 1 Nanga Pinoh yang di wisuda, ditemui di sela-sela prosesi wisuda itu.

Davi, biasa disapa itu mengakui, meskipun kegiatan pelepasan atau acara wisuda ini bukanlah sebuah akhir dari sebuah pertemanan mereka, namun dirinya tetap tidak bisa menahan rasa sedih dan merasa terharu.

“Semoga pertemanan ini adalah perpisahan sementara, kedepan bisa terus terjalin kembali, dan saya berharap bisa sama-sama meraih impian dan cita-cita untuk meraih kesuksesan masa depan kami,” tambah Davi, dengan nada sedih.

Kepala Disdik Melawi, Joko Wahyono, yang menghadiri wisuda dalam sambutannya berpesan kepada para siswa dan siswi yang telah lulus untuk tetap semangat dan terus belajar. “Generasi yang akan tampil memimpin bangsa, agar terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,” pesan Joko.

Kepada para orang tua siswa dan siswi, Joko mendorong, agar anak-anak tetap untuk bersekolah dalam rangka mempersiapkan aset bangsa, yang nantinya bisa sebagai pejabat nasional, provinsi, daerah, hingga pejabat desa.

Untuk itu Joko memberikan semangat kepada anak-anak didik, agar menjadikan jati diri menjadi orang yang berkualitas, supaya ada yang menjadi pejabat publik, pejabat pemerintahan atau pejabat bidang lainnya. “Jauhi pegaulan bebas, pernikahan dini dan narkoba, sehingga bisa menjadi orang-orang yang sukses dan luar biasa nantinya,” pesannya.

Kepala SMAN 1 Nanga Pinoh, Theresia Idayani, menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan semua pihak, sehingga sekolah yang dipimpinnya bisa melaksanakan acara wisuda purna didik yang ke dua kali dengan baik.

Theresia mengatakan, wisuda purna didik tahun ini di ikuti 300 siswa, meliputi 9 rombongan belajar, yang bertujuan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada anak didik.

Dikesempatan itu Theresia menyampaikan terimakasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan SMPN 1 Nanga Pinoh sebagai tempat belajar selama 3 tahun. Kemudian, dirinya berharap untuk para alumni bisa mengembangkan ilmu yang dimiliki.

“Semoga bisa menjaga perilaku dan menjaga nama baik almamater SMPN 1 Nanga Pinoh,” jelasnya.