Yessy Melania, Tokoh Muda Dayak Menembus Senayan

oleh

Yessy Melania

MELAWINEWS.COM – Dulu, waktu saya memutuskan tokoh muda ini masuk senarai 101 tokoh Dayak jilid 3.

Banyak yang protes. Apa kriteria Saudara memasukkannya? Saya bergeming. Kini terbukti, Yessy Melania berhasil menjadi anggota DPR RI dari Partai NasDem Pileg 2019 asal Dapil Kalbar 2 meliputi Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi.

Cantik bagai gadis China, demikian pepatah petitih yang santer, dan sangat mashyur setidaknya dikalangan Dayak Kalbar sampai era ujung millenium ke-2.

Perumpamaan mengenai gadis China cantik itu, ada dalam lirik lagu “Kidoh Kopa Tilamp Kolamu”, sebuah lagu etnik daerah Sanggau, yang dilantunkan Siman.

Kini peribahasa itu kuno, wajib diralat. Lihatlah perempuan-perempuan Dayak! Original. Tanpa banyak bedak. Tapi cantik alami, melebihi siapa pun. Tak salah, Dayak termasuk satu di antara penghasil wanita cantik dunia menurut sebuah riset.

Yessy Melania, satu dari ribuan perempuan Dayak millenial. Yang, dari namanya, tak bisa langsung diterka ia Dayak asli.

Ia masuk SMA Cor Lesu, Malang, di bawah asuhan para suster Ursulin. Kemudian menempuh studi di Universitas Sanata Darma, Jogjakarta, di bawah asuhan padri-padri Ordo Jesuit, membentuk nalarnya bisa mengontrol emosi. Pengalaman semasa kuliah, yang lintas etnis dan tempat, membuatnya open-minded, dan berwawasan luas.

Wanita energik ini pernah meniti karier di Bank Kalbar. Kerap tampil sebagai singer di berbagai fora, entah untuk kaum muda, entah untuk kalangan dewasa. Di mana saja, wanita yang tinggal di Nanga Pinoh ini, namun bisa ke mana saja tetap mencuat sebagai Dayak.

Toh putri Bupati Melawi, Panji, ini tidak mau asal ada di bawah bayang-bayang sang ayah. Ia ingin mandiri. Menjadi diri sendiri hal yang selalu ia tekankan ketika menjadi narasumber dan memberi motivasi di mana-mana.

Dalam kontestasi merebut kursi ke Senayan Poleg 2019, ia mencoba peruntungan. Lewat sebuah Partai NasDem, ia mengayuh perahu menyusur sungai-sungai Melawi, Kapuas, dan Pinoh untuk sosialisasi dan bekerja keras meraih suara sebanyak-banyaknya demi mengejar cita-cita.

Di Melawi, Sintang, Sekadau, Kapuas Hulu dan Sanggau, ia dekat dengan anak-anak muda. Ketika ada pelatihan kader angkatan muda, biasanya ia narasumbernya.

Yessy khas merepresentasikan anak milenial zamannya. Namun, ke atas, ke angkatan yang lebih tua, ia juga bisa berkomunikasi.

Mottonya : “Hadir Untuk Menambah Daya Yang Sudah Ada”.

Oleh : Masri Sarep Putra