Siapa Layak Jadi Ketua DPRD Melawi?

oleh

Caleg Partai NasDem yang lolos ke gedung DPRD Melawi Pileg 2019

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Partai NasDem dipastikan tampil sebagai pemenang pada Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 di Kabupaten Melawi, Kalbar.

NasDem bahkan merebut kursi di semua daerah pemilihan (Dapil) meliputi 4 Dapil. Kursi DPRD Melawi, NasDem berhasil merebut 6 kursi dari total 30 kursi yang ada.

Raihan ini meningkat dibandingkan hasil Pemilu 2014 lalu, di mana NasDem hanya meraih 2 kursi, masing-masing asal Dapil Melawi 3 dan 4.

Ke 6 kursi yang diraih NasDem ini, 2 kursi dari Dapil Melawi 2 meliputi Kecamatan Ella Hilir dan Menukung, 2 kursi dari Dapil Melawi 1 meliputi Kecamatan Nanga Pinoh, Pinoh Utara dan Pinoh Selatan, 1 kursi dari Dapil Melawi 4 meliputi Kecamatan Belimbing dan Belimbing Hulu, 1 kursi dari Dapil Melawi 3 meliputi Kecamatan Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat, Sayan dan Sokan.

Dengan perolehan kursi demikian, maka otomatis NasDem akan mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Melawi. Posisi ini pun menjadi rebutan kader NasDem. Bahkan sejumlah nama, digadang-gadang akan menduduki kursi empuk itu.

Berdasarkan penelusuran MelawiNews.Com, ke 6 yang lolos menjadi anggota DPRD Melawi tersebut sama-sama berpeluang untuk duduk sebagai ketua DPRD Melawi periode 2019-2024. Hanya saja, menurut sumber internal NasDem Melawi, yang berpeluang menjadi Ketua DPRD Melawi tersebut tergantung dari keputusan Ketua DPD NasDem Melawi, Panji.

Kalau mempertimbangkan perolehan suara saja, maka Widya Hastuti sebagai kader perempuan baru dapat dijagokan akan menjadi Ketua DPRD Melawi, karena mengumpulkan suara tertinggi dari Dapil Melawi 2 dengan meraup sebanyak 4.333 suara.

Kader lain, seperti Alexius, juga berpeluang menjadi Ketua DPRD Melawi. Hanya saja, Alexius, masih tercatat sebagai kader baru di NasDem. Sebelumnya, Alexius, merupakan Anggota DPRD Melawi periode 2014-2019 dari kader PKPI dan kembali bertarung di Pileg 2019 menggunakan perahu NasDem dari Dapil Melawi 2 dengan meraup 3.165 suara.

Kelebihan Alexius dari kader-kader lainnya yang lolos menjadi Anggota DPRD Melawi dari Partai NasDem adalah telah berpengalaman sebagai Anggota DPRD Melawi.

Sama seperti Widya Hastuty dan Alexius, nama Dahfet Sabjanoba perwakilan dari Dapil Melawi 1 berpeluang menduduki Ketua DPRD Melawi, karena sebagai Pengurus DPD Partai NasDem Melawi. Diketahui, hasil Pileg 2019, Dahfet Sabjanoba meraup 802 suara.

Selain itu juga kader lainnya yang tergolong legislator baru, seperti Supardi asal Dapil Melawi 4 yang memperoleh 2.300 suara pada Pileg 2019, Wanda Darmawansyah asal Dapil Melawi 3 yang memperoleh 1.419 suara, kemudian Tibay asal Dapil Melawi 1 meraup 1.529 suara, turut berpeluang meramaikan bursa perebutan posisi kursi Ketua DPRD Melawi ini.

Diantara ke enam nama ini, sesungguhnya semua berpeluang duduk sebagai Ketua DPRD Melawi.

Tetapi kalau melihat perolehan suara, pengalaman, dan jabatan di struktur partai, maka posisi Ketua DPRD Melawi lebih mengerucut ke nama Widya Hastuti, Alexius dan Dahfet Sabjanoba. Tetapi sekali lagi, keputusan ada di pundak DPD dan DPP NasDem.

Kemudian, melihat faktor karena pengalaman sebagai legislator DPRD Melawi dibanding 5 kader lainnya sebagai pendatang baru, maka nama Alexius lebih berpeluang menjabat Ketua DPRD Melawi. Namun, semua tergantung DPD dan DPP NasDem yang akan memutuskan.

Hingga saat ini, MelawiNews.Com juga belum tahu, siapa saja yang akan direkomendasikan DPD NasDem Melawi ke DPP NasDem untuk ditetapkan sebagai Ketua DPRD Melawi.

Di tengah hiruk pikuk nama yang layak duduk sebagai Ketua DPRD Melawi ini, satu diantara calon anggota DPRD Melawi dari NasDem yang lolos di Pileg 2019, Alexius, yang dihubungi MelawiNews.Com melalui sambungan selurer, Sabtu (11/5) mengatakan, soal siapa yang duduk menjadi Ketua DPRD Melawi adalah merupakan keputusan internal Partai NasDem.

“Soal mengambil keputusan untuk memilih Ketua DPRD Melawi, saya tidak ikut campur, dan apapun keputusan nanti dari petinggi Partai NasDem, saya ikut saja lah,” ujar Alexius.