Caleg Petahana Yang Gagal Melenggang ke Parlemen

oleh

Ilustrasii

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sejumlah petahana calon legislatif (Caleg) dipastikan tak kebagian kursi empuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Melawi periode 2019-2024.

Kemudian Caleg petahana anggota DPRD Melawi yang juga maju menjadi Caleg DPRD Provinsi Kalbar di Pileg 2019 diketahui tidak lolos, adalah legislator asal PDIP Malin, legislator PKPI Pencon dan legislator asal PKS Iswandi.

Perolehan kursi partai DPRD Melawi
Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU Melawi Pileg 2019 Caleg DPRD Melawi, terungkap setidaknya ada 11 petahana kembali mencalonkan diri pada PIleg kali ini. Hanya saja 11 caleg petahana itu tak lagi dapat mempertahankan kursi empuknya.

Dari Golkar, diketahui ada dua caleg tidak dapat lagi mempertahankan dirinya di parlemen.

Dua caleg tersebut yakni Abang Tajudin (Ketua DPRD) yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Melawi 3 meliputi Kecamatan Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat, Sayan dan Sokan. Sementara Mulyadi bertarung di Dapil Melawi 2 meliputi Kecamatan Ella dan Menukung.

Kemudian dari NasDem, 2 petahana juga gagal lolos melenggang ke kursi DPRD adalah Moses, yang bertarung di Dapil Melawi 4 meliputi Kecamatan Belimbing dan Belimbing Hulu dan Rusli bertarung di Dapil Melawi 3.

Dari PKPI adalah Martinus Jihan, bertarung di Dapil Melawi 2 juga tidak lolos melenggang ke parlemen.

Awalnya Matinus Jihan merupakan PAW Alexius. Alexius kembali maju Caleg DPRD Melawi dengan pindah partai ke Nasdem dan kembali lolos Anggota DPRD Melawi pada Pileg 2019.

Selain itu, Kimroni dari Demokrat juga tak mampu meyakinkan warga pemilih Dapil Melawi 1 yang mencakup wilayah Kecamatan Nanga Pinoh, Pinoh Utara dan Pinoh Selatan.

Satu petahana lainnya yang tak bisa melenggang menuju DPRD yakni legislator dari Gerindra, Pose, yang bertarung di Dapil Melawi 4.

Selain itu, Nur Ilham, dari PKB yang berjuang di Dapil Melawi 3 terpaksa tak bisa menuju kantor DPRD lantaran partainya kalah dengan partai lainnya.

Dari PDIP adalah satu nama petahana yang juga tak lolos yakni Alexander, yang berjuang di Dapil Melawi 3.

Sementara dari PAN atas nama Kartika Sari Astuti yang bertarung di Dapil Melawi 1 juga tak mapu mempertahankan kursinya.

Terakhir, ada dua petahana yag tak lagi maju Caleg 2019 yakni H. Hamri Hum (Golkar) dan Mayu dari Hanura yang sebelumnya merupakan PAW Dadi Sunarya UY (Wakil Bupati Melawi) saat ini.

Berikut nama-nama yang lolos menjadi Anggota DPRD Melawi Periode 2019-2024.