4 Srikandi Melenggang ke Parlemen, Widya Hastuti Raih Suara Terbanyak

oleh

Widya Hastuti

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Siapa bilang perempuan di Kabupaten Melawi tidak melek dalam kancah panggung politik.

Hasil Pemilu legislatif 2019 di Kabupaten Melawi, sebanyak empat dari 30 kursi DPRD Melawi dipastikan direbut oleh caleg (calon legislatif) perwakilan perempuan.

Ke empat Srikandi tersebut merupakan pendatang baru dalam panggung politik Melawi dan masih berusia muda. 

Nanalia Eka
Ke empat srikandi hebat itu yakni, Widya Hastuti dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan (Dapil) Melawi 2 ( Kecamatan Ella Hilir dan Menukung). Dari lima kursi yang diperebutkan, Widya berhasil meraup suara terbanyak dengan perolehan 4.333 suara. 

Kemudian, pada Dapil Melawi 3 yang meliputi Kecamatan Sayan, Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat dan Sokan. Dari total sembilan kursi yang diperebutkan, dua kursi berhasil disabet para Kartini Melawi. Yakni atas nama Aisa Amini, dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan suara sebanyak 3.450 suara serta Ulsa Febria Widia Lestari dari Partai Perindo dengan perolehan suara sebanyak 1.429 suara. 

Ulsa Febrya
Dapil Tiga,  menjadi Dapil penyumbang keterwakilan perempuan terbanyak dari Dapil lainnya di Kabupaten Melawi dan berhasil mengukir sejarah perpolitikan di Bumi Uranium.

Selanjutnya, Dapil Melawi 4 yang meliputi Kecamatan Belimbing dan Belimbing Hulu, sosok Nanalia Eka dari partai Gerindra menjadi pusat perhatian para lawan politik dengan perolehan suara sebanyak 1.475 suara. Sontak, Nana pun berhasil menggeser posisi sang petahana di internal partainya di Dapil tersebut.

Aisa Amini
“Ini suatu prestasi yang membanggakan dalam kancah politik Melawi dan tentu tidak bisa dianggap remeh kedepannya.

Ke empat perempuan hebat tersebut, diharapkan dapat menyuarakan aspirasi kaummnya di parlemen,” terang Wardhana, salah seorang warga Melawi kepada MelawiNews.Com, Rabu (9/5).