FKMS Sintang Dukung Terciptanya Pembangunan Berkelanjutan

oleh

Giat tukar faham saat sedang berlangsung

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Forum Komunikasi Masyarakat Sipil (FKMS) Sintang kembali menggelar dialog interaktif tukar paham digelar di Aula Bappenda, Sabtu (4/5).

Kegiatan diikuti oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah, komunitas atau organisasi dan termasuk kalangan pelajar.

Suci Cisikia Putri, Sekjen FKMS Sintang mengatakan giat tersebut digelar secara rutin di Kabupaten Sintang.

Cisi melanjutkan giat ini yang ketiga kalinya pada triwulan pertama tahun 2019, dan FKMS ini mendukung terciptanya pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Sintang.

Menurut Cisi, pembangunan berkelanjutan itu punya tiga elemen yaitu sosial, lingkungan dan ekonomi.

Dalam giat ini tutur Cisi hanya sebatas tukar informasi, sesuai dengan topik agrowisata, dari agrowisata ini apa yang butuh digali dan dikembangkan di Kabupaten Sintang kemudian bisa disandingkan dengan program dan visi misi pemerintah daerah.

Kartiyus, Kepala Bappeda Kabupaten Sintang menyambut baik hal itu ketika masyarakat sipil sendiri mampu dan mau memperkarsai untuk tukar paham, dengan demikian pihaknya banyak mendapat informasi.

“Sehingga pemerintah dapat menyampaikan informasi versi pemerintah dan Pemkab Sintang bersyukur telah memiliki rencana induk pariwisata kabupaten yang baru dibuat tahun lalu, kemudian diserahkan ke Dinas Pariwisata untuk membuat Perbup.

Menurut Kartiyus, untuk saat ini belum ada payung hukum untuk sektor agro wisata. Hanya saja untuk Agrowisata di Sintang masih butuh infrastruktur pendukung yakni jalan,” ujarnya. (yanti)