Sejumlah TPS Alami Kekurangan Surat Suara

oleh
Pemilih saat memasukan surat suara ke dalam kotak suara usai menggunakan hak suaranya di TPS 07 Desa Tanjung Niaga Rabu 17 April

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sejumlah tps di Melawi mengalami kekurangan surat suara saat Pemilu 2019. Salah satunya di kecamatan Sayan. DPRD Dapil 3 dari Partai PAN, Ridwan Saidi pun menyesalkan hal ini masih terjadi dan berdampak pada turunnya partisipasi pemilih.

“Dari perhitungan tim kami di sejumlah TPS, kekurangan surat suara untuk Pilpres mencapai 150 lembar, DPR, 110 lembar, DPRD Provinsi 75 lembar dan DPRD Kabupaten 30 lembar,” katanya.

Ridwan pun sudah melaporkan kekurangan surat suara di TPS pada Panwascam Sayan. Ia juga menyesalkan hal ini terjadi, karena bisa berdampak pada turunnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya karena kehabisan surat suara.

“Ini menjadi salah satu masalah dalam pendistribusian logistik KPU. Karena KPPS baru mengetahui surat suara kurang setelah kotak suara dibuka pada hari pemungutan. Mau usulkan kekurangan KPU, surat suara yang tersisa sudah dimusnahkan, sehingga tidak bisa ditambah lagi,” katanya.

Padahal, menurut Ridwan, partisipasi masyarakat yang ingin memilih cukup tinggi. Namun, kekurangan surat suara bisa berdampak pada hilangnya hak memilih masyarakat.

“Ini mesti jadi pembelajaran kedepan, agar jangan sampai terjadi kekurangan jumlah surat suara,” lugasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo menjelaskan kekurangan surat suara yang terjadi di sejumlah TPS tak membuat proses pemungutan suara terhambat. Bahkan tak ada TPS yang sampai harus dilakukan pemungutan ulang karena kurangnya surat suara.

“Kekurangan ini bisa dipenuhi dengan mengambil di TPS lain yang terdekat. Jadi rata-rata bisa dipenuhi kekurangannya,” jelasnya.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Melawi, Johani mengungkapkan kekurangan surat suara terjadi di Kecamatan Sokan. Kekurangan terjadi di desa Nanga Sokan, Muara Tanjung dan Melana.

“Jumlahnya bisa sampai 100 lembar untuk surat suara presiden di satu TPS,” paparnya.