Tak Masuk DPT, Terancam Tak Bisa Mencoblos

oleh

Ilustrasi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sejumlah warga di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar, terancam akan kehilangan hak pilih karena tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Serentak 2019.

Satu warga yang tidak bisa memilih adalah Dayat, warga Desa Paal, Kecamatan Nanga, merasa dirugikan karena tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Saya menyayangkan tidak terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu Serentak ini, padahal saya memiliki e-KTP berpenduduk di Desa Paal. Sebab keterlibatan dalam hak memilih adalah kewajiban bagi masyarakat,” ujar Dayat, Selasa (16/4).

Dia mengakui, dirinya tidak masuk DPT sudah dikonfirmasi kepada pihak Bawaslu Melawi, sebab Dia juga memiliki e-KTP dan berpenduduk sebagai warga Desa Paal. Namun tidak bisa ikut memilih karena tidak masuk dalam DPT.

Menurutnya, pada Pemilu sebelumnya di Kabupaten Melawi, seperti Pilbup dan Pilgub dirinya mendapatkan undangan memilih dan masuk di DPT. Dia pun mempertanyakan, kenapa saat Pemilu Serentak ini tak masuk dalam DPT?

“Sangat disayangkan banyak sekali pemilih dilingkungan saya yang tidak mndapatkan undangan dan tidak masuk dalam DPT,” keluhnya.