Ini Tanggapan KPU Soal Warga Tidak Menerima C6

oleh

Ilustrasi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo menanggapi soal banyaknya warga yang belum menerima C6 menegaskan, form C6 sebenarnya lebih sekedar surat pemberitahuan bagi pemilih untuk mengetahui dimana TPS tempatnya akan menggunakan hak pilih.

“Tanpa C6, pemilih tetap bisa datang untuk menggunakan hak pilihnya. Pemilih mesti pro aktif. Jangan sampai merasa tak bisa menggunakan hak pilih hanya karena tak menerima C6,” ujarnya, Selasa (16/4).

Dedi juga meminta bila masih belum menerima C6, warga bisa mendatangi PPS di desanya masing-masing. Nanti dari PPS akan melakukan pengecekan, di TPS manakah ia terdaftar.

“Untuk wilayah kota Nanga Pinoh, kan sinyal internet sudah mendukung. Silahkan download aplikasi KPU RI di google play. Bisa dicek TPS nya dengan memasukkan NIK serta Nama Depan,” jelasnya.

Komisioner KPU Melawi, Wenefrida menambahkan, pemilih bisa datang dengan membawa KTP elektronik di TPS dimana pemilih tersebut terdaftar.

“Jadi nanti sampaikan saja ke KPPS nomor DPT nya. Pengecekan di KPU RI untuk melihat dimana ia terdaftar. Namun, kalau tidak terdaftar dalam DPT, dia bisa menggunakan KTP Elektronik atau Suket, tapi memilih di atas jam 12.00 WIB,” katanya.

Soal C6, Wenefrida juga menjelaskan, penyebaran surat pemberitahuan tersebut sebenarnya minimal diedarkan satu hari sebelum pemungutan. Sehingga masa terakhir penyampaian C6 adalah Selasa esok.
“Di TPS juga kita tempelkan daftar pemilih dalam DPT. Pemilih bisa mengecek namanya langsung disana,” pungkasnya.