6.791 Surat Suara Rusak Dimusnahkan

oleh
Pemusnahan surat suara rusak atau siswa oleh KPU Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sebanyak 6.791 lembar surat suara Pemilu 2019 dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Melawi di halaman gedung serba guna kabupaten Melawi, Selasa (16/4) sore.

Pemusnahan dilakukan untuk memastikan surat suara yang rusak, cacat atau berlebih agar tidak disalah gunakan.

Ketua KPU Kabupaten Melawi, Dedi Suparjo memastikan, sebelum pemungutan suara 17 April besok, semua surat suara yang tidak digunakan sudah di musnahkan.

“Sesuai dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2018, pengadaan perlengkapan penyelenggaraan pemilu harus tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas dan efisien. Pemusnahan ini dilakukan agar surat suara rusak atau lebih tidak disalahgunakan,” jelasnya.

Menurut Dedi, seluruh logistik pemilu sudah disalurkan ke kecamatan hingga ke TPS. Surat suara yang ada juga sudah mencukupi untuk seluruh TPS.

” untuk pengiriman logistik terakhir pada 16 April ini ke kecamatan Nanga Pioh yang merupakan kecamatan wilayah kota,” ujarnya.

Adapun jenis surat suara yang dimusnahkan antara lain, surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 1.245 lembar, DPR RI dapil Kalbar 2 sebanyak 640 lembar, DPD sebanyak 1.078 lembar, DPRD Provinsi dapil Kalbar 7 sebanyak 200 lembar, DPRD kabupaten Melawi 1 sebanyak 200 lembar, Melawi 2 sebanyak 3.041 lembar, Melawi 3 sebanyak 218 lembar, dan Melawi 4 sebanyak 240 lembar.

Pemusnahan surat suara dengan cara dibakar ini turut disaksikan oleh Ketua maupun komisioner Bawaslu Kabupaten Melawi, Polri, TNI maupun perwakilan pemerintah daerah Kabupaten Melawi.