KPU Melawi Mulai Distribusikan Logistik

oleh
Pelepasan distribusi logistik oleh Ketua KPU Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Distribusi logistik Pemilu 2019 di Melawi sudah dimulai sejak Sabtu (13/4) lalu. Kecamatan Belimbing menjadi yang pertama menjadi target pengiriman distribusi logistik berupa surat suara, kotak, bilik dan logistik lainnya.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo dalam pelepasan distribusi logistik, Sabtu (13/4) siang di Gedung Serbaguna mengatakan hari pertama distribusi sebenarnya direncanakan untuk wilayah Belimbing dan Ella Hilir.

“Namun, baru Belimbing yang bisa dikirim pada Sabtu ini. Karena untuk Ella Hilir, masih dilakukan sortir dan pengepakan surat suara ke tiap tiap TPS. Logistik untuk wilayah Ella Hilir baru dikirim pada Minggu (14/4) bersama sejumlah kecamatan lainnya,” jelasnya.

Penentuan kecamatan untuk distribusi logistik, kata Dedi disesuaikan dengan usulan masing-masing PPK. Ada PPK yang meminta distribusi ke kecamatan dilakukan lebih dahulu mengingat banyaknya desa yang sulit dijangkau.

“Ada desa yang tak bisa dijangkau lewat darat, terpaksa harus melalui sungai. Untuk kecamatan Tanah Pinoh Barat misalnya, distribusi menggunakan dua cara, lewat darat sampai ke Kota Baru. Kemudian diangkut lagi menggunakan
perahu motor ke Ulak Muid atau pusat kecamatan Tanah Pinoh Barat,” paparnya.

Dalam jadwal distribusi KPU Melawi, pada Minggu (14/4) dilakukan distribusi ke jalur Dapil 3 yakni Sayan, Sokan, Tanah Pinoh dan Tanah Pinoh Barat ditambah Belimbing Hulu dan Menukung. Sedangkan Senin dilakukan distribusi ke kecamatan Pinoh Selatan dan Pinoh Utara.

“Terakhir adalah Nanga Pinoh, pada H-1 ke kecamatan dan sebagian langsung di drop ke desa,” katanya.
Terkait surat suara, Dedi mengungkapkan surat suara pengganti akibat rusak atau kurang memang baru tiba di Melawi, pada pekan ini. Sehingga jajarannya juga sambil melakukan distribusi logistik juga melakukan pelipatan surat suara, pengepakan serta sortir untuk sejumlah daerah yang mengalami kekurangan surat suara.

“Untuk logistik lain sudah terpenuhi. Undangan C6 juga sudah distribusikan ke desa-desa. Begitu juga untuk kotak suara dan bilik, sejauh ini tidak ada kekurangan, karena kita tidak ada TPS tambahan,” jelasnya.

Seluruh logistik dalam kotak, kata Dedi nantinya didistribusikan dalam kondisi tersegel. Dalam kotak suara terdapat surat suara yang disesuaikan dengan masing-masing jenis pemilihan umum. Termasuk peralatan mencoblos, alat bantu bagi tuna netra serta formulir pendukung seperti C1 berada dalam kotak.

“Ada juga beberapa logistik di luar kotak seperti tanda pengenal KPPS dan saksi, lem, pena, spidol, DCT, salinan DPT, DPTB, DPK serta bilik suara berada diluar kantor plastik,” jelasnya.

Distribusi surat suara ini dikawal langsung oleh aparat kepolisian dan Panwaslu Kecamatan. Setiap truk yang mengangkut logistik terdapat satu polisi yang ikut berjaga.