Dinkes Bangun 3 Puskesmas Pra Pratama dan Gedung Labkesda

oleh

Kepala Dinkes Melawi, dr Ahmad Jawahir

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemkab Melawi, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), kembali akan membangun gedung fasilitas kesehatan di 3 kecamatan tahun 2019 ini.

Kepala Dinkes Melawi, dr Ahmad Jawahir mengungkapkan, fasilitas gedung yang akan dibangun adalah Puskesmas pra Pratama yang dipersiapkan menuju status Rumah Sakit Pratama (RSP).

Puskesmas pra Pratama yang akan dibangun adalah di wilayah Kecamatan Nanga Pinoh terletak di Kota Nanga Pinoh.

Kemudian di Kecamatan Tanah Pinoh mengambil lokasi pembangunan di Kota Baru dan di Kecamatan Ella Hilir.

“Tiga bangunan tersebut menelan anggaran DAK Kesehatan tahun 2019 sekitar Rp 12 miliar,” beber Ahmad, ditemui, saat peresmian Rumah Sakit Pratama Batu Buil, Belimbing, Kamis (11/4).

Menurut Ahmad, lokasi gedung yang akan dibangun sudah tersedia di Kota Nanga Pinoh, sementara di Kota Baru dan Ella Hilir sedang mencari lokasi tanah.

Selain itu, ditahun 2019 ini pihaknya juga akan membangun gedung Labkesda di Melawi dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar melalui anggaran DAK Kesehatan 2019.

Ahmad menuturkan, pihaknya sangat serius memperhatikan pembangunan bidang kesehatan, salah satunya dengan membangun Puskesmas pra Pratama dan gedung Labkesda.

Menurut Dia, tujuan membangun gedung fasilitas kesehatan adalah untuk pemerataan dan mengangkat derajat kesehatan masyarakat di wilayah Melawi khususnya di pedalaman.

Dengan dibangunnya fasilitas kesehatan tegas Dia, penanganan kesehatan semakin dekat dan masyarakat diberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, berkeadilan dan merata.