32 Tim Ikuti Festival Bidar Race Kesultanan Sintang

oleh

Lomba sampan bidar di ikuti peserta dari empat kabupaten yakni Sintang, Melawi, Sekadau dan Sanggau.

 

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Kepala Dinas Perhubungan Sintang, Hatta, membuka festival Bidar Race Kesultanan Sintang 2019 di kawasan Taman Bungur Sintang, Sabtu (6/4) pagi.

Dalam kesempatan itu Hatta mengatakan, Pemerintah Daerah mengapresiasi di gelarnya kegiatan festival Bidar Race, karena merupakan wujud pelestarian tradisi peradaban masyarakat Sintang yang sejak dahulu sudah menggunakan sampan dalam berbagai kegiatan.

“Untuk itulah kegiatan ini di harapkan dapat memasyarakatkan olahraga sampan tradisonal dan menjaring bibit-bibit atlit berbakat serta memberikan hiburan rakyat,” ujar Hatta.

Ketua Panitia kegiatan Musliadi mengatakan, lomba sampan bidar di ikuti 88 peserta dari empat kabupaten yakni Sintang 32 tim, Melawi 1 tim, Sekadau 52 tim dan Sanggau 1 tim.

“Sistem lombanya terdiri dari 24 race untuk babak penyisihan, dalam satu race itu terdiri dari 4 team sampan dengan 8 pendayung utama dan 2 cadangan, memperebutkan uang pembinaan,” jelasnya.

Sementara itu, Sultan Sintang, Pangeran Ratu Sri Negara HRM Ikhsan Perdana, mengatakan selain sebagai upaya untuk menjaring bibit-bibit atlit sampan bidar yang nantinya bisa ikut dalam event-event besar sampan bidar, kegiatan ini juga sebagai upaya mempertahankan tradisi yang sudah sejak lama ada karena hampir semua Kerajaan/Kesultanan di Kalbar ini menjadikan sampan bidar sebagi sebuah tradisi yang di perlombakan, salah satunya Kesultanan Sintang ini.

“Selain itu juga lomba ini sebagai bentuk pengembangan wisata air sungai, sehingga perlu terus di kembangkan dan di rencanakan dengan matang sehingga akan menjadi kalender event wisata sungai,” ujar Sultan.